Minggu, 28 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 57


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Maitri Karuna Bodhisattva Avalokitesvara

Vihara Cha Hua di Cangzhou, terdapat seorang Bhiksuni, menjelang peringatan HUT Bodhisattva Avalokitesvara, dia mempersiapkan beragam persembahan lalu diletakkan di atas altar. Usai itu dia merasa agak letih, lalu istirahat sejenak.

Samar-samar dia melihat Bodhisattva Avalokitesvara muncul dalam mimpinya, lalu berkata padanya : “Kamu tidak memberi persembahan padaKu, Saya juga takkan kelaparan. Sebaliknya kamu memberi persembahan padaKu, Saya juga takkan karena ini lalu bertambah kenyang. Di luar gerbang vihara ada 4-5 orang pengungsi, mereka tidak mendapat makanan, mereka akan mati kelaparan. Kamu hendaknya membawa semua persembahan ini untuk diberikan kepada mereka. Dapat menyelamatkan nyawa mereka, jasa kebajikan ini sepuluh kali lipat lebih besar daripada memberi persembahan kepadaKu!”    

Bhiksuni ini terkejut dan terbangun, dia membuka gerbang vihara, ternyata benar ada 4-5 orang pengungsi yang kelaparan, dia segera mengambil makanan persembahan dan membaginya kepada para pengungsi.

Sejak itu setiap tahun usai peringatan HUT Bodhisattva Avalokitesvara, dia akan membagikan makanan persembahan kepada para pengemis, Bhiksuni ini berkata : “Semua ini adalah Maitri Karuna Bodhisattva Avalokitesvara!”     


紀曉嵐寫的因果故事
大士慈悲


   滄州插花廟尼,姓董氏。遇大士誕辰,治供具將畢,忽覺微倦,倚幾暫憩。恍惚夢大士語之曰:「爾不獻供,我亦不忍饑;爾即獻供,我亦不加飽。寺門外有流民 四五輩,乞食不得,困餓將殆。爾輟供具以飯之,功德勝供我十倍也。」霍然驚醒。啟門出視,果不謬。自是每年供具獻畢,皆以施丐者。曰:「此菩薩意也。」
  【譯文】
  滄州的插花廟,有一位姓董的尼師。適值觀世音菩薩的聖誕,她便治備供品,敬獻佛前。當她擺設完供品之後,忽然感到有些疲倦,便靠著供案暫歇片 刻。恍惚之間,夢見菩薩對她說:「你不給我上供,我也餓不著。你給我上供,我也不會因此而加飽。寺門外有四五個難民,他們乞不到食物,快要餓死了。希望你 把這些供品拿去給他們吃。能救活他們的命,比給我上供的功德要大上十倍呀!」這位尼師忽然驚醒,她打開寺門一看,果然有四五個飢餓的人,遂將供品佈施給這 此難民以充飢。
  從此她每年上供之後,都把這些供品施捨給乞丐們吃,她說:「這是菩薩的意思啊!」