Senin, 05 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 32



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 32

Berikutnya adalah “Jangan menghasut orang lain agar bertengkar dan membawa perkara ke pengadilan”. Bila perkara dibawa ke pengadilan, pada akhirnya kedua pihak harus menderita.

“Jangan merusak nama baik orang lain”. Melihat ketenaran orang lain, seharusnya turut bergembira, tidak boleh iri hati, apalagi sampai merusak nama baiknya, ini akan membawa kerugian besar pada kebajikan tersembunyi.

Berikutnya adalah kalimat ke-57 yakni “Jangan merusak hubungan pernikahan orang lain”. Apabila kita merusak hubungan pernikahan seseorang karena mendambakan kejelitaan pasangannya, lalu menjadi pihak ketiga, atau karena dendam pribadi sehingga merusak hubungan pernikahan orang lain”, ini menimbulkan dosa yang amat berat.

Kalimat ke-58 adalah “Jangan karena dendam pribadi sehingga jalinan persaudaraan orang lain jadi tidak harmonis.

Kalimat ke-59 adalah “Jangan karena keuntungan kecil semata sehingga hubungan ayah dan anak jadi tidak akur”. Demi segelintir keuntungan, merusak keharmonisan keluarga orang lain, dosa ini sungguh berat. Merusak keharmonisan keluarga orang lain, akibatnya tentu saja keluarga sendiri juga akan pecah belah.

Kalimat ke-60 adalah “Jangan karena mendambakan kekuasaan sehingga menodai hati nurani”; kalimat ke-61 adalah “Jangan menjilat pada orang kaya dan menggertak orang miskin”, hal ini sudah merupakan hal yang biasa di dalam masyarakat, dengan mengandalkan kekuasaan atau kekayaan sendiri lalu merendahkan dan menekan insan bajik dan orang miskin yang kesusahan, ini menjalin permusuhan yang paling mendalam, maka Langit juga akan menjatuhkan hukuman yang sangat berat.

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(三十二)

下面看『勿唆人之爭訟』,不要教唆人去爭訟打官司。《朱子治家格言》裡面講,「居家戒爭訟,訟則終凶」。人一打官司,最後結果都是凶多吉少。『勿壞人之名利』,見到人有名利,應該起隨喜心,不能起嫉妒心,還要壞人的名利,毀人的名節,這個損陰德就大了。下面第五十七句是『勿破人之婚姻』,婚姻是天成,如果我們蓄意的破壞,破壞的原因或者是因為貪戀美色,以第三者身分插入,或者是因為瞋恚、怨恨來破壞,這都是造作很重的罪業。第五十八句,『勿因私仇,使人兄弟不和』,不要因為自己私人的仇恨,讓別人兄弟不和睦。第五十九句,『勿因小利,使人父子不睦』,這是讓別人家裡不和睦,為自己的一點小利,破壞別人家庭,這種罪業造得很重。破壞別人家庭,必定是自己家庭也遭到破壞。第六十句,『勿倚權勢而辱善良』;第六十一,『勿恃富豪而欺窮困』,這些事情在社會上往往有之,依仗自己的權勢或者是富貴,欺辱善良,欺壓窮困,這是積怨最深的,所以天譴也就愈重。

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002