Minggu, 21 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 42


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Bhiksu Bertobat Atas Karma Masa Lampau

Bhiksu Ming Yu dari Vihara Jubah Putih mengisahkan : Tempo dulu di Gunung Wutai ada seorang Bhiksu, sering kali waktu malam hari bermimpi diri sendiri jatuh ke Neraka, bahkan melihat berbagai pemandangan Alam Neraka yang sungguh menyeramkan.

Ada seorang Bhiksu senior yang menasehatinya membaca sutra dengan setulusnya. Alhasil mimpi buruknya kian hari kian parah, sehingga tubuhnya kian hari kian kurus, semangat pun kian menurun.

Bhiksu senior lainnya berkata padanya : “Ini mungkin dikarenakan sebelum meninggalkan keduniawian, kamu melakukan karma buruk, setelah menjadi Bhiksu, dari membaca sutra perlahan-lahan mulai memahami Hukum Sebab Akibat, mengetahui diri sendiri kelak pasti jatuh ke Neraka, sehingga muncul ketakutan di dalam hati.

Dari hati yang ketakutan itu muncul bermacam-macam khayalan, maka itu kamu membaca sutra kian tulus, hati yang ketakutan itu kian menjadi-jadi, khayalan pun kian banyak. Meskipun kamu membaca sutra dengan tulus, tetapi terhadap Buddha Dharma belum memiliki pemahaman yang mendalam.  

Harus diketahui bahwa Ajaran Buddha memiliki Maitri Karuna yang maha luas, memperbolehkan manusia bertobat atas karma masa lampaunya, memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar.

Asalkan mau bertobat dan tidak mengulangi melakukan kesalahan lagi, segala rintangan karma dapat tereliminasi. “Melepaskan pisau jagal, segera mencapai KeBuddhaan”. Apakah kamu tidak pernah mendengar kalimat ini”.

Bhiksu ini setelah mendengar ucapan Bhiksu senior, segera berikrar di hadapan rupang Buddha, dengan ketekunan tanpa gentar, mengerahkan segenap hati untuk melatih diri. Sejak itu tidur pun jadi tenang, tidak bermimpi buruk lagi.  


紀曉嵐寫的因果故事
僧懺前業
    白衣庵僧明玉言:昔五台一僧,夜恆夢至地 獄,見種種變相。有老宿教以精意誦經,其夢彌甚,遂漸至委頓。又一老宿曰:是必汝未出家前,曾造惡業。出家後漸明因果,自知必墮地獄,生恐怖心。以恐怖 心,造成諸相。故誦經彌篤,幻象彌增。夫佛法廣大,容人懺悔。一切惡業,應念皆消。『放下屠刀,立地成佛。』汝不聞之乎?」是僧聞言,即對佛發願,勇猛精 進,自是宴然無夢矣。
    【譯文】
    白衣庵的僧人明玉說,以前五台山有位僧人, 經常夜裡夢見自己下地獄,並且見到地獄裡種種可怕的景象。有位老和尚勸他精誠誦經。結果惡夢卻愈做愈厲害,以致身體日益衰弱,精神極度疲睏。另一位老和尚 對他說:「這必定是你未出家之前曾經造下惡業,出家之後,由讀經漸漸明白了因果報應的道理,知道自己將來必墮地獄,因此心生恐怖。由恐怖之心便生出種種幻 象,所以,你讀經越誠,恐怖之心越重,幻象也越多。原因在於你誦經雖篤,卻對佛法還沒有深刻的領會。要知道佛法慈悲廣大,允許人懺悔前愆,改過自新。只要 誠心悔過,一切惡業都能當下消除。『放下屠刀,立地成佛』這句話難道你沒聽說過嗎?」這位僧人聽了老和尚的話,立刻對佛發願,勇猛精進,一心辦道。此後睡 眠安寧,便不再做惡夢了。