Senin, 08 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 27



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Memohon Berkah Untuk Diri Sendiri

Di kampung halaman kami ada seorang Ibu tua Zhang, menurut pengakuannya sendiri, dia pernah berprofesi sebagai “Zou Wu Chang”, sekarang sudah tidak menggeluti bidang ini lagi.

Catatan :
“Zou Wu Chang” adalah alam baka menggunakan arwah manusia hidup untuk melaksanakan tugas-tugas akhirat. Setelah tugas selesai mereka masih dapat kembali ke alam manusia.

Ibu tua Zhang berkata, waktu dulu dia pernah berkunjung ke pengadilan alam baka, pernah bertanya kepada pejabat Neraka : “Yakin pada Ajaran Buddha, apakah ada manfaatnya?”

Pejabat Neraka menjawab : “Buddha hanya menasehati orang supaya berbuat baik, pelaku kebajikan dengan sendirinya akan memperoleh pahala. Maka itu pahala berasal dari pelatihan diri sendiri, bukan anugerah yang diberikan oleh Buddha.

Apabila dengan memberi persembahan kepada rupang Buddha lalu memohon supaya Buddha menganugerahkan berkah, kalau demikian maka pejabat bersih di dunia ini saja tidak menerima suap, bagaimana mungkin Buddha bisa disogok?”

Ibu tua bertanya lagi : “Seseorang itu bila telah menciptakan karma buruk, apakah dengan bertobat ada gunanya?  

Pejabat akhirat menjawab : “Yang namanya bertobat itu mesti memperbaiki diri dan tidak mengulangi melakukan kejahatan lagi, giat menimbun jasa kebajikan, barulah dapat menebus kesalahan yang dilakukan masa lalu. Orang sekarang kalau bertobat, hanya dapat dikategorikan sebagai menyerahkan diri supaya terbebas dari hukuman, kalau begini apalah gunanya?”

Menurut pemikiranku, ucapan ini bukan dapat diucapkan keluar oleh seorang dukun wanita, sepertinya ada orang yang sedang mengajarinya.   


紀曉嵐寫的因果故事
自求多福
  裡有張媼,自雲嘗為走無常,今告免矣。昔到陰府,曾問冥吏:「事佛有益否?」吏曰:「佛只是勸人為善, 為善自受福,非佛降福也。若供養求佛降福,則廉吏尚不受賂,曾佛受賂乎?」又問:「懺悔有益否?」吏曰:「懺悔須勇猛精進,方補前愆。今人懺悔,只是自首 求免罪,又安有益耶?」此語非巫者所肯言,似有所受之。
  【譯文】
  我們老家有個張老婆子,據她自己說她曾經是個走無常的,如今不再幹這一行了。
  張老婆子說,她以前到過陰曹地府,曾問冥官說:「信佛到底有沒有好處?」冥官回答說:「佛只是勸人為 善,行善的人自然會感召福報。所以福報應該說是自己修來的,並不是佛賜福給他的。如果藉著供養來求佛賜福,那麼,世間清廉的官吏尚且不受賄賂,難道佛會接 受賄賂嗎?」老婆子又問:「一個人若是造了惡業,懺悔有用嗎?」冥官說:「懺悔必須真心悔過自新,勇猛精進修善積德,才能補救以前的過錯。現在的人求懺 悔,只能算是自首求免罪,這又能有什麼用呢?」
  我想,這些話不是一個巫婆所能說出來的,似乎是有人給她指教過的。