Jumat, 05 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 18



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Bertumimbal Lahir Jadi Ayam Melunasi Hutang

Ibu tua Shen mengisahkan : Di dusun mereka ada orang yang bernama Zhao San, orang ini bersama ibundanya menjadi pembantu di rumah Keluarga Guo. Setelah ibundanya meninggal dunia, lebih dari setahun kemudian, pada suatu malam, Zhao San merebahkan diri di atas tempat tidur, antara setengah sadar setengah tidak, dibilang mimpi juga bukan mimpi, mendengar suara ibundanya yang memberitahunya :

“Besok akan turun salju lebat, di bawah tembok ada seekor induk ayam yang mati kedinginan, majikan akan menghadiahkan-nya padamu, kamu jangan coba-coba memakannya. Semasa hidupku, saya pernah mencuri uang majikan sebanyak 300 koin, Raja Yama menjatuhkan hukuman padaku sehingga bertumimbal lahir jadi induk ayam untuk melunasi hutangku. Kini telur yang saya hasilkan sudah cukup untuk melunasi jumlah hutangku tersebut, saya sudah boleh pergi”.   

Keesokan harinya, ternyata benar, salju turun dengan lebatnya, seekor induk ayam mati kedinginan di kaki tembok, majikan lalu menghadiahkannya kepada Zhao San. Tetapi Zhao San tidak merebusnya, secara diam-diam dengan meneteskan air mata mengubur bangkai ayam tersebut.

Mengetahui hal ini, majikannya jadi keheranan, lalu berulang kali menanyakannya kepada Zhao San, kenapa tidak sudi menyantap ayam itu, Zhao San jadi tak berdaya, barulah menceritakan pokok persoalannya.

Peristiwa ini terjadi baru beberapa tahun belakangan ini. Dapat dilihat bahwa di dunia ini, hewan tunggangan manusia, contohnya kuda, keledai, yang jadi hewan yang disembelih manusia, contohnya babi, kambing, semua ini pasti ada benih sebab di masa kehidupan lampau, hanya saja manusia tidak mengetahuinya. Dan mereka yang licik dan sadis, perampok dan pencuri, juga akan mengundang balasan buruk kelak, hanya saja banyak orang yang tidak mau ambil pusing.  



紀曉嵐寫的因果故事
化雞償債
  沈媼言:裡有趙三者,與母俱傭於郭氏。母歿後年餘,一夕似夢非夢,聞母語曰:「明日大雪,牆頭當凍死一 雞,主人必與爾,爾慎勿食。我嘗盜主人三百錢,冥司判為雞以償。今生卵足數而去也。」次日,果如所言。趙三不肯食,泣而埋之。反覆窮詰,始吐其實。此數年 內事也。然則世之供車騎受刲煮者,必有前因焉,人不知耳。此輩之狡黠攘竊者,亦必有後果焉,人不思耳。
  【譯文】
  沈老婆子說:她們村裡有個名叫趙三的人,這人和他母親都在郭家做傭人。他母親死後一年多,有一天晚上, 趙三躺在床上,似睡非睡,似夢非夢,聽見他母親對他說:「明天下大雪,牆頭底下,有一隻凍死的老母雞,主人要賞給你,你千萬別吃。我活著的時候,曾偷過主 人三百錢,閻王爺便判我轉世為母雞來還他的債。如今,我下的蛋已經夠還清這筆錢的數目,我也該去了。」
  第二天,果然下了一場鵝毛大雪,一隻老母雞凍死在牆角下,主人便賞給趙三。趙三不肯燉著吃,暗自流著眼淚把它埋了。主人非常奇怪,再三追問他為什麼不吃,趙三無奈,才說出真情。
  這是近幾年內的事。由此可見,世上那些供御騎的驢馬,那些受人宰割的豬羊,皆必有前因,只是人們不知道罷了。而那些奸滑凶狠,明搶暗竊的人,也必招致將來的惡果,只是沒人去多想這些罷了。