Jumat, 19 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 40



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan


Akibat Pandai Bersilat Lidah


Kandidat yang lulus ujian negara tingkat provinsi, Wang Jin-ying mengisahkan : Di Jiangning ada seorang terpelajar, suatu hari dia menginap di rumah seorang pejabat. Malam harinya ketika rembulan bersinar terang, ada seorang gadis jelita mengintip di balik jendela kamarnya.

Pelajar ini berpikir, gadis itu kalau bukan hantu pasti adalah siluman serigala. Tetapi melihat kecantikannya, perasaannya bergejolak, mengusir ketakutan di hatinya, lalu membukakan pintu mempersilahkan gadis itu masuk.

Gadis itu meskipun bersikap manis namun pendiam. Pelajar itu berusaha mengajaknya berbicara, namun gadis itu hanya menjawabnya dengan senyuman saja. Demikianlah lebih dari sebulan telah berlalu, mereka menjalin hubungan namun pelajar itu tetap tidak mengetahui asal usul gadis tersebut.

Suatu hari, pelajar ini bersikeras memaksa gadis ini untuk menceritakan asal usulnya, akhirnya gadis ini menulis di atas secarik kertas : “Saya mulanya adalah pembantu wanita di sebuah akademi kekaisaran pada Dinasti Ming, malangnya mati dalam usia muda. Oleh karena semasa hidupku pandai bersilat lidah, menghasut, menfitnah dan mengadu domba, sampai membuat satu keluarga jadi bermusuhan, jalinan persaudaraan jadi saling membenci ibarat api dan air.

Setelah meninggal dunia, pengadilan alam baka menghukum diriku jadi hantu bisu. Selama ini saya berada terus di alam setan, sampai sekarang sudah lebih dari 200 tahun lamanya.

Kalau kamu memang mengasihani diriku, bantulah saya menyalin “Sutra Intan” sebanyak 10 buku, agar saya dapat mengandalkan kekuatan Buddha, keluar dari alam penderitaan. Saya akan mengingat budi besarmu selama kelahiran demi kelahiran”.

Pelajar ini langsung menyetujui permintaan gadis itu dan mulai menyalin sutra. Malam itu ketika pelajar ini menyelesaikan menyalin 10 buku, gadis itu mendatanginya lagi, dengan penuh hormat bersujud pada pelajar, setelah itu dia menulis di atas kertas : “Dengan mengandalkan kekuatan jasa kebajikan ini, saya memperoleh pengampunan atas dosa yang saya lakukan pada masa kehidupan lampau, kini saya terbebas dari alam setan. Tetapi dikarenakan karma buruk yang saya lakukan pada masa kelahiran lampau sangat berat, hanya dapat membawa serta karma masa lampau pergi bertumimbal lahir, akibatnya selama tiga masa kelahiran masih harus menjadi gadis bisu”.

Usai itu gadis itu pamit dan beranjak pergi.


紀曉嵐寫的因果故事
 巧舌罰啞
  王孝廉金英言:江寧一書生,宿故家廢園中。月夜,有艷女窺窗。心知非鬼即狐,愛其姣麗,亦不畏怖。招使入室,即宛轉相就。然始終無一語,問亦不答,惟含笑流盼而已。
  如是月餘,莫喻其故。一日,執而固問之。乃取筆作字曰:「妾前明某翰林侍姬,不幸夭逝。因平生巧於讒 構,使一門骨肉如水火。冥司見譴,罰為喑鬼,已沉淪二百餘年。君能為書《金剛經》十部,得仗佛力,超拔苦海,則世世銜感矣。」書生如其所乞。寫竣之日,詣 書生再拜,仍取筆作字曰:「借金經懺悔,已脫離鬼趣,然前生罪重,僅能帶業往生,尚須三世作啞婦,方能語也。」
  【譯文】
  舉人王金英說:江寧有位書生,住宿在某官宦人家的廢花園裡。在一個月色皎潔的夜晚,有位年青漂亮的女子 從窗外往裡榆看。書生心想,這個時候出現在窗外的女子,非鬼即狐。但見她容貌美麗,心生愛慕,也就不害怕了,便開門請她進來。那女子雖然忸怩羞澀,依然婉 轉相就。但始終不發一言。書生向她問話也不回答,只是含笑顧盼,脈脈含情而已。
  這麼相處過了一個多月,書生始終不知道她的身世。有一天,書生拉著她再三盤詰,她就拿過筆來寫道:「我 本是明朝某翰林的侍姬,不幸短命而死。只因生前巧言令色,善於挑拔離間,搬弄是非,攪得一家骨肉反目為仇、情同水火。死後遭陰司譴責,罰我變成啞巴鬼。一 直沉淪在鬼趣,到現在已經有二百多年了。你如果真的憐愛我,請為我抄寫《金剛經》十部,我便可依仗佛力,超脫苦海。我將生生世世感念您的大恩大德。」書生 慨然答應她的要求,並立即抄寫。
  十部《金剛經》寫圓滿的那天夜晚,女鬼又翩翩而來,她恭恭敬敬地向書生拜了又拜,然後取筆寫道:「憑借《金剛經》的法力,我得以懺悔前生之過,現已脫離鬼趣。但因我前生罪孽深重,只能帶著宿業去轉生,還必須做三世的啞女,才能說話。」寫罷,作別而去。