Rabu, 03 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 09


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Menjebak Orang Mengundang Petaka

Tuan Luo dan Tuan Jia tinggal bertetangga, Keluarga Luo hidup bergelimang harta, sedangkan Keluarga Jia miskin melarat. Tuan Luo ingin membeli rumah Tuan Jia, tetapi dengan harga yang semurah-murahnya.

Ketika Tuan Jia ingin menjualnya kepada orang lain, Tuan Luo malah secara diam-diam menghalang-halangi. Lama kelamaan kehidupan Keluarga Jia kian susah, akhirnya dengan terpaksa menjual rumahnya kepada Tuan Luo dengan harga yang murah meriah.      

Setelah membeli rumah tetangganya itu, Tuan Luo melakukan renovasi besar-besaran, sehingga menjadi istana baru. Saat peresmian, Tuan Luo menyelenggarakan pesta besar-besaran, menyembahyangi setan dan malaikat.

Ketika dia baru saja menyalakan api membakar uang kertas, tiba-tiba berhembus angin kencang, meniup uang kertas hingga ke atas tiang balok bangunan rumah, dalam waktu sekejab saja, asap hitam pekat membumbung tinggi, percikan api dan debu asap turun bagaikan hujan, dalam waktu singkat, rumah yang baru saja direnovasi dilalap si jago merah hingga hangus tak bersisa, bahkan rumah lama Tuan Luo juga ikut terbakar jadi abu.

Ketika api mulai menjalar, orang-orang yang berada di dalam rumah panik dan berusaha melakukan pertolongan. Tetapi Tuan Luo malah menepuk-nepuk dadanya sambil menghalangi dan berkata : “Tidak usah menolong lagi! Tadi saya melihat di dalam kobaran api, mendiang ayahanda Tuan Jia, dia menyimpan kebencian dan menanti waktunya balas dendam, tidak ada gunanya rumah ini ditolong. Sekarang saya menyesal juga sudah terlambat!”

Usai itu Tuan Luo segera mengundang Tuan Jia datang, dengan tulus menyerahkan lahan subur seluas 20 Mu (Mu setara dengan seperlima dari satu hektar) kepada Tuan Jia sebagai ganti rugi atas perbuatannya, bahkan juga menulis surat perjanjian.

Sejak itu Tuan Luo mengubah tabiat jahatnya beralih menimbun kebajikan, akhirnya dia panjang umur dan meninggal dunia dengan damai.    


紀曉嵐寫的因果故事
投謀召災
  羅與賈比屋而居,羅富賈貧。羅欲並賈宅,而勒其值。以售他人,羅又陰撓之。久而益窘,不得已減值售羅。羅經營改造,土木一新。落成之日,盛筵祭神。紙錢甫燃,忽狂風捲起著樑上,烈焰驟發,煙煤迸散如雨落。彈指間寸椽不遺,並其舊廬爇焉。
  方火起時,眾手交救,羅拊膺止之曰:「頃火光中,吾恍惚見賈之亡父,是其怨毒之所為,救無益也。吾悔無及矣!」急呼賈子至,以腴田二十畝書券贈之。自是改行從善,竟以壽考終。
  【譯文】
  羅某人與賈某人比鄰而居,羅家富而賈家貧。羅某人想兼併賈家的住宅,卻極力壓低房價。賈某想賣給別人, 羅某又暗中阻撓。時間久了,賈家的生活更加窘迫窮困,不得已只好以低價賣給了羅某。羅某加以經營改造,使之煥燃一新。落成那天,羅某大擺盛宴,祭祀鬼神。 當他剛點燃紙錢,忽然刮起一陣狂風,把那紙錢捲到房梁之上,一剎那時,濃煙烈炎驟然而起,火星煙塵崩落如雨。頃刻之間,新修繕的房屋燒得寸櫞無存,就連羅 某的舊住宅也一齊燒燬了。
  當烈火剛起的時候,在場的人們爭相撲救。羅某卻拍著自己的胸膛阻止說:「不用救了!剛才我在火光之中,恍惚看見賈某已過世的父親,是他懷著怨恨的心在報復,救也無用。我現在後悔也來不及了!」
  羅某當即把賈某請來,願意送給他二十畝良田作為對賈家的補助,並寫下契約。從此羅某改惡從善,竟得以長壽善終。