Minggu, 28 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 56


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Begini Penghasilannya Begini Pula Pengeluarannya

Di kantor pengadilan Kabupaten Xian terdapat seorang pegawai bermarga Wang, yang mengandalkan pena-nya untuk menyelesaikan perkara hukum seseorang, memanfaatkan kesempatan untuk memeras harta kekayaan orang lain. Tetapi setiap kali dia berhasil mendapat sejumlah uang haram, maka di sisi lainnya uang itu akan melayang untuk biaya tak terduga.

Di dekat kantor pengadilan ini terdapat Kelenteng Cheng Huang, di dalam kelenteng ini ada seorang pembina diri yang masih berusia belia, suatu malam dia melewati koridor aula utama, mendengar percakapan dua petugas alam baka yang sedang meneliti buku kebajikan dan kejahatan yang diperbuat manusia.

Salah satunya berkata : “Tahun ini si bedebah itu meraup keuntungan banyak! Harus pikirkan cara supaya dia merugi!

Setelah diam sejenak, lawan bicaranya berkata : “Cuma butuh seorang Cui Yun saja, sudah cukup membuatnya sengsara, tidak perlu capek-capek memikirkan banyak cara!”      

Di Kelenteng Cheng Huang ini sering terdengar ada makhluk halus, pembina diri belia itu sudah terbiasa, juga tidak merasa takut lagi. Tetapi siapakah Cui Yun yang dikatakan oleh dua petugas tersebut? Lantas siapa pula yang akan dibuat menderita kerugian?

Tidak lama kemudian, di tempat hiburan Kabupaten Xian kedatangan wanita penghibur baru yang bernama Cui Yun. Pegawai Wang langsung dibuat tergila-gila oleh kecantikan Cui Yun. Sekitar 80-90 persen harta kekayaannya sudah dihamburkannya untuk Cui Yun.

Selain itu dia menderita penyakit, sekujur tubuhnya dipenuhi bisul ganas, sibuk berobat ke sana sini, sampai ketika penyakitnya hampir sembuh, seluruh tabungannya sudah habis tak bersisa.

Ada orang yang menduga, dari seluruh hasil kekayaan haramnya, yang dapat dia nikmati cuma segelintir saja. Akhirnya dia berubah jadi gila dan mati, bahkan uang untuk membeli sebuah peti mati saja tidak ada.  


紀曉嵐寫的因果故事
悖入悖出
  【譯文】
  獻縣衙門裡有個王某,是個刀筆吏,專靠耍筆桿子幫人訴訟,乘機敲詐勒索他人的財物。但他每得到一筆不義之財後,必然被另一起意外事故消耗掉。
  這衙門附近的城隍廟裡有個道童,一天夜晚,他路過大殿的走廊下,聽見有兩個官吏在殿堂裡拿著簿子在對 帳。其中一位說:「那傢伙今年搜刮的錢財可真不少!得想個辦法讓他損耗損耗!」正在沉思間,另一位說:「只要一個翠雲,就夠他受了,沒必要再費其它的周折 啦!」這城隍廟裡經常鬧鬼,道童已經司空見慣,也不害怕。但不知那二吏所說的翠雲到底是什麼人?也不知是要給誰損耗?
  不久,獻縣城內的妓院中新來一位名叫翠雲的妓女。那王某立即就被這翠雲的美色迷住了。在她身上,花去了 所積蓄的不義之財有八九成。還被染上一身惡瘡,他延醫用藥,百般調治,等到他的病差不多治好了,他所有的積蓄也全花光了。有人統計他平生所得的不義之財, 可以用於指頭算得出的,大約就有三四萬兩文銀。後來他得了瘋病暴死,竟連買口棺材的錢都沒有。