Sabtu, 06 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 20


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Dengan Sesat Mengundang Kesesatan

Salah satu dari tamu keluargaku bernama Chen Yun-ting mengisahkan : Ada seorang pejabat yang diutus kaisar ke Taiwan, di tengah perjalanan bermalam di penginapan milik kekaisaran.

Tiba-tiba dia melihat ada seorang wanita cantik sedang memanjat tembok lalu mengendap-endap di dalam taman, pejabat utusan ini jadi emosi dan menerobos keluar hendak menangkap pencuri, tapi tidak melihat apa-apa.

Dia kembali ke kamarnya dan tidur sampai tengah malam, tiba-tiba mendengar bunyi “Tang”, ada sepotong ubin melayang jatuh tepat di samping bantalnya. Kali ini pejabat utusan benar-benar emosi, dengan suara lantang dia bertanya : “Siluman dari mana ini, beraninya mengganggu pejabat utusan kaisar?”

Dia hanya mendengar di luar jendela ada suara wanita yang berkata : “Anda memiliki peruntungan yang besar, tadi siang saya tidak sempat menghindar darimu, sehingga menabrakmu. Gara-gara hal ini, anda jadi marah-marah dan hendak mencari penyebabnya. Saya takut bila kejadian ini sampai diketahui Malaikat, maka saya akan dihukum, makanya hatiku jadi tidak tenang.

Tetapi ketika anda terbaring di tempat tidur, malah berkhayal, timbul niat pikiran sesat, mengira diriku adalah putri dari pengurus penginapan, sehingga sibuk memikirkan bagaimana cara meminangnya untuk dijadikan selir.

Tetapi anda mana tahu, asalkan niat pikiran manusia tergerak, setan dan malaikat segera mengetahuinya. Manusia memiliki niat sesat, pasti akan mengundang gangguan dari setan sesat, walaupun Malaikat mengetahuinya juga takkan menyalahkannya. Maka itu saya menjatuhkan sepotong ubin untuk membalasmu, jadi buat apa anda marah-marah?”

Setelah mendengarnya, Pejabat Utusan jadi malu dan sedih, tidak sabar menunggu fajar menyingsing, menyuruh pembantunya membereskan barang bawaan dan segera angkat kaki meninggalkan penginapan tersebut.         


紀曉嵐寫的因果故事
以邪召邪
  陳雲亭舍人言:有台灣驛使宿館舍,見艷女登牆下窺,叱索無所睹。夜半琅然有聲,乃片瓦擲枕畔。叱問是何 妖魅,敢侮天使?窗外朗應曰:「公祿命重,我避公不及,致公叱索,懼干神譴,惴惴至今。今公睡中萌邪念,誤作驛卒之女,謀他日納為妾。人心一動,鬼神知 之。以邪召邪,神不得而咎我,故投瓦相報。公何怒焉?」驛使大愧沮,未及天曙,促裝去。
  【譯文】
  舍人陳雲亭說:有位奉命去台灣的使臣,途中住在驛站的館舍裡。忽然發現有個艷麗的女子扒在牆頭往院裡窺探,便加以怒斥,他出至外面搜索,卻一無所獲。
  睡到半夜,忽然匡噹一聲,有一瓦片飛落在他枕邊。使臣大怒,大聲喝問道:「何方妖怪,膽敢侮弄天子的使 臣?」只聽窗外一個女子朗聲答道:「你祿命大,白天我一時迴避不及,衝撞了你,惹你又是呵斥,又是搜索。我害怕這事被神明察覺,可吃罪不起,心裡一直惴惴 不安。可是你剛才睡在床上,卻胡思亂想,心生邪念,把我當做那驛站裡老兵的女兒,打算如何耍手段,娶來做你的小老婆。可你哪裡知道,只要人心裡的念頭一 動,鬼神立刻就知道了。人有邪心,必會招來邪鬼的騷擾,就是神明知道了也不會加於責備。因此我就投一塊瓦片給你作為相報,你這有什麼可惱火的?」
  使臣聽了,心裡又慚愧又沮喪,等不及天亮,就命僕人收拾行裝,離開這館舍。