Minggu, 07 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 23



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Kejahatan yang Berakibat Jadi Babi

Tuan Xuan Yu dari Sichuan mengisahkan : Suatu malam Tuan A sedang menyelusuri jalan sendirian, tiba-tiba melihat ada orang yang berpakaian ala prajurit, menggiring seorang terpidana yang dirantai, duduk di bawah sebatang pohon.

Tuan A yang juga merasa letih ikut menghentikan langkah kaki dan beristirahat di bawah sebatang pohon lainnya. Terpidana itu tiada henti-hentinya mengalirkan air mata, prajurit yang merasa terganggu oleh tangisannya, jadi tidak sabaran dan emosi, lalu mencambuknya.

Tuan A yang melihatnya merasa tidak tega, lalu berusaha menghentikannya. Si prajurit segera melotot ke arah Tuan A, berkata : “Tahukah kamu terpidana ini adalah orang yang begitu sadis dan licik. Semasa hidupnya dia suka menghasut, menciptakan konflik, jumlah orang yang dijebak dan dicelakainya sudah mencapai ratusan orang!

Maka itu pengadilan Neraka menghukumnya  selama 7 periode kelahiran bertumimbal lahir jadi babi, harus berulang kali menjalani siksaan disembelih tukang jagal, saya ditugaskan mengantarnya pergi bertumimbal lahir. Orang jahat begini, apakah kamu masih mengasihaninya?”

Mendengar perkataan ini, Tuan A langsung merinding dan segera mengambil langkah seribu. Lalu menoleh lagi ke belakang, dua sosok hantu itu sudah tidak kelihatan lagi.          



紀曉嵐寫的因果故事
惡墮為豬
  四川毛公振(宣羽)言:有人夜行,遇一人狀似里胥,鎖縶一囚,坐樹下。因並坐暫息。囚啜泣不止,里胥鞭之。此人意不忍,從旁勸止。里胥曰:「此桀黠之魁,生平所播弄傾軋者,不啻數百。冥司判七世受豕身,吾押之往生也。君何憫焉!」此人慄然而起。二鬼亦一時滅跡。
  【譯文】
  四川毛振(宣羽)先生說:有人走夜路,看見有位裝束像公差模樣的人,牽著一名披枷帶鎖的囚犯,坐在樹下。這走夜路的人似乎走累了,也就坐在一棵大樹底下休息。那囚犯不住地流淚哭泣,公差模樣的人被他哭得不耐煩,不斷對他施以鞭打。
  這個行路的人看了,於心不忍,從旁勸阻。那個裡正白了他一眼,說:「你知道嗎?他是個極其凶狠而狡詐的人。他生前專門挑撥離間,陰謀傾軋,被他坑害的人,不下數百人!因此,陰曹判他七世托生為豬,要反覆受屠宰之苦,我是奉命押他去投胎的。這樣的惡棍,你還可憐他?」
  此人聽了這話,嚇得渾身打顫,趕快離開。再回頭一看,那兩個鬼也已經不見了。