Minggu, 04 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 27



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang 
Bagian 27

Kalimat ke-44 :
“Saat berjalan perhatikan serangga dan semut”.

Kalimat ke-45 :
“Jangan membakar hutan”.

Ini juga merupakan tindakan untuk melindungi makhluk hidup, bahkan terhadap serangga dan semut makhluk kecil ini, juga harus berhati-hati, jangan sampai melukainya, saat berjalan senantiasa memperhatikan apakah ada serangga dan semut, jangan sampai menginjak mereka, cinta kasih ini mencakup keseluruhannya. 

Hutan harus dilestarikan, jangan sampai membiarkannya terbakar, andaikata hutan sampai terbakar maka seluruh makhluk hidup yang hidup di dalam hutan akan ikut mati dalam lautan api, nyawa yang melayang tentunya sudah tak terhitung lagi.

Ini semua adalah untuk mengembangkan hati maitri karuna kita, dengan memiliki hati yang bajik barulah mendatangkan berkah.

Kalimat ke-46 :
“Menyalakan lentera di malam hari untuk menerangi pejalan kaki”

Kalimat ke-47 :
“Membuat perahu untuk membantu orang menyeberangi sungai”

Ini juga untuk memberi kemudahan bagi orang banyak, berjalan di malam hari jika ada lentera yang menerangi, tentunya akan mengurangi ancaman bahaya, juga untuk menghindari jatuh ke lubang karena gelap. Lentera ini juga mewakili kebijaksanaan, dengan menggunakan kebijaksanaan, dengan cahaya dari Ajaran Buddha menerangi dunia, ini menunjuk pada menyebarluaskan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk.

Perahu dapat menyeberangi sungai, Buddha Dharma dapat menyelamatkan makhluk menyeberangi lautan samsara hingga mencapai Nirvana. Maka itu kita membaca sutra harus memahami makna yang tersirat atau yang terkandung di dalamnya. 

Bagian ini membahas tentang memperbanyak kebajikan, dan sudah usai. 

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(二十七)

第四十四句:
【舉步常看蟲蟻。】

  四十五句:
【禁火莫燒山林。】

這也是講到愛護生命,乃至對於蟲蟻這些小動物,都要小心,不要傷害,走在路上都常常看到地上有沒有蟲蟻,不要誤踩上去,這愛心普及於一切。對山林切記不可以失火,如果把山林燒毀了,山林中的小動物統統都死於火海,所傷的生命就無量了。所以這些都是培養我們慈悲的存心,有善心才能夠生福。

第四十六句:
【點夜燈以照人行。】

  四十七句:
【造河船以濟人渡。】

這也是與人方便,晚上走路如果有一盞燈,確實可能會減少危險,不至於摔倒。這個燈也代表智慧,用智慧、用正法的光明照亮世間,這是指弘法利生。河船可以渡人過江海,佛法也能度人過生死之海到涅槃彼岸。所以這裡我們讀這些經文都要想到它引申的含義。這一段講的是眾善奉行,講完了。

摘錄自 :
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002