Senin, 05 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 33




Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 33

Selanjutnya ada 13 kalimat, yang membahas tentang niat pikiran.

Kalimat ke-62 :

“Hendaknya bergaul dengan orang baik. Membantu mengembangkan moralitas jiwa raga. Orang jahat sepatutnya dijauhi dan dihindari. Untuk menghentikan petaka yang ada di depan mata”.    

Seuntai kalimat ini merupakan jodoh yang paling penting bagi praktisi pemula. Menjauhi orang jahat dan mendekati orang baik, seperti kata pepatah “Berdekatan dengan vermilion akan menjadi merah, berdekatan dengan tinta akan menjadi hitam”, di dalam “Di Zi Gui” juga tercantum bahwa : jika dapat bergaul dengan insan yang berkebajikan dan bermoralitas, dan belajar darinya, sungguh kebaikan yang tak terkatakan, karena dia akan meningkatkan kualitas moral kita, kesalahan juga akan berkurang. Jika tidak mau bergaul dengan orang baik, maka akan ada malapetaka yang tiada ujungnya,   karena orang-orang licik dan munafik akan datang mendekat, lama kelamaan sikap kita juga akan terpengaruh, sehingga kehidupan kita menjadi gagal.  Inilah makna dari kalimat ini.

Bergaul dengan orang baik, jiwa raga dan moralitas akan berkembang, sebaliknya bergaul dengan orang jahat, petaka mungkin sudah berada di hadapan mata.

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(三十三)

   我們再看下面,一共有十三句,是從存心上來講。

第六十二句:
  【善人則親近之。助德行於身心。惡人則遠避之。杜災殃於眉睫。】

這一句是我們最初入手的方便,也是修心的第一個增上緣。遠離惡人,親近善人,所謂「近朱則赤,近墨則黑」,《弟子規》上講的「能親仁,無限好,德日進,過日少;不親仁,無限害,小人進,百事壞」,就是這句的意思。親近善人,身心、德行提升,如果親近惡人,災殃可能就在眼前。

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002