Selasa, 23 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 50


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Dengan Racun Menawar Racun

Kisah 1 :
Ada seorang Majikan Kecil yang memaksa pembantu wanita untuk menjadi selirnya, pembantu wanita ini tidak sudi, namun si Majikan Kecil menggunakan kekuasaannya, pembantu wanita jadi tak berdaya. Sementara itu Majikan Kecil masih memiliki Majikan Besar lagi.

Kemudian Majikan Kecil dan pembantu wanita melahirkan seorang putri. Ketika putri Majikan Kecil berusia 14-15 tahun, Majikan Besar mendengar putri Majikan Kecil berparas jelita, ingin menjadikannya sebagai selir, Majikan Kecil tentu saja menolak, namun Majikan Besar menggunakan kekuasaannya, Majikan Kecil jadi tak berdaya.

Kemudian Majikan Kecil mengeluh : “Andaikata tidak melahirkan putri ini, maka takkan ada peristiwa yang menggeramkan ini”. Istrinya (pembantu wanita) menyahut : “Kalau kamu tidak memaksaku jadi selirmu, maka takkan melahirkan putri ini”.

Mendengar perkataan ini, barulah Majikan Kecil menyadari perbuatannya dulu sudah salah.

Kisah 2 :
Familiku mempunyai seorang putri, putrinya ini sebelum menikah keluar, suka menindas dan mencelakai kakak iparnya, sehingga kakak iparnya sering dimarahi, hatinya pedih hingga tak ingin hidup lagi.

Setelah si putri ini menikah keluar, juga sering memperoleh perlakuan buruk dari adik iparnya, setiap hari dimaki-maki, serupa dengan kakak iparnya dulu, hatinya juga pedih hingga tak ingin hidup lagi.

Ketika si putri ini pulang ke rumah ayahbundanya, dengan berlinangan air mata dia berkata pada kakak iparnya : “Sekarang saya baru tahu bagaimana sulitnya menjadi menantu orang lain”. Ini disebut balasan karma, bagaimana boleh tidak percaya!

Kisah 3 :
Ada seorang sahabat yang suka menciptakan rumor, mengadu domba, tak peduli bagaimanapun akurnya jalinan persahabatanmu, bagaimanapun harmonisnya pasangan suami istri, asalkan sudah melewati hasutannya, pasti akan berubah jadi ikatan permusuhan, ibarat salju dan arang, takkan mungkin bisa saling bertoleransi.

Suatu malam, dia baru saja meneguk arak dan merasa kehausan, kemudian pergi meminum secangkir teh, di luar dugaan, ada seekor kalajengking terlebih dulu jatuh ke dalam cangkir.

Ketika dia hendak meminum teh, tiba-tiba kalajengking menyengat lidahnya. Racun segera menyebar dan menjadi borok, meskipun nyawanya berhasil diselamatkan, tetapi lidahnya sudah dipotong jadi pendek, bicarapun jadi tidak jelas lagi, sulit baginya untuk mengadu domba lagi. Ada orang yang bilang, setan dan Malaikat diam-diam mengaturnya, bukanlah sebuah kebetulan.               


紀曉嵐寫的因果故事
以毒攻毒
  【譯文】
  有個主人強納奴僕的女兒為妾,這位奴僕不願意,但迫於他的勢力,竟無可奈何。可是這個人本身又隸屬八 旗,也另有主人。後來,這位被強納為妾的女人生了一個女兒,長到十四五歲,他的主人聽說他女兒生得特別美麗,也要納她為妾,此人心有不願,但迫於主人的勢 力,也無可奈何。事後,喟然長歎說:「如果沒有生下這個女兒,也就沒有這樁惱恨的事。」他妻子說:「你要是不強娶奴僕的女兒為妾,自然也就不會生下這個女 兒了。」此人聽了這話,才認識到自己以前的做法是錯的。
  我的親戚家有個女兒,沒出嫁之前,經常誣陷她嫂子,使她嫂子挨責罵,痛不欲生。等她自己出嫁之後,也經常遭小姑誣陷,天天挨責罵,如同她嫂子一樣痛不欲生。她回娘家時,流著眼淚對嫂子說:「現在我才知道做人媳婦的難處啊。」這叫做天道有還,怎能不信呢!
  又有一朋友好播弄是非,挑撥離間,任你多麼真摯的好朋友,多麼親密的夫妻,只要經他一挑拔,立刻反目成 仇,如同冰炭,不能相容。有一天晚上,他酒後口渴,去喝一杯涼茶,沒想到有只蠍子先掉進茶杯裡。當他正要喝茶時,蠍子突然螫了他的舌頭。毒發潰爛成瘡,雖 然沒有要了他的命,但舌頭殘短,口齒不清,不易再去搬弄是非了。有人說,這是鬼神在暗中指使,絕非偶然。