Minggu, 28 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 54


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Dokter Berulah Pasien Sekarat

Nyonya tua Wang yang tinggal di Kabupaten Suning adalah Bibi ayahku. Nyonya tua Wang mengisahkan : Di kampung halamannya ada seorang janda yang tinggal dengan ibu mertuanya, mereka mengadopsi seorang anak laki-laki yatim piatu. Anak ini telah berusia 7 atau 8 tahun.

Janda ini berparas lumayan, mak comblang sudah berulang kali datang ke rumahnya, namun janda ini tetap menolaknya, bersikukuh takkan menikah lagi. Namun sekarang putra kesayangannya sedang menderita penyakit cacar, kondisinya kian parah, mesti berobat ke dokter.  

Setelah memeriksa kondisi penyakit si anak, dokter ini pulang dan mencari mak comblang tetangganya untuk menyampaikan pesannya kepada si janda : “Penyakit ini dijamin pasti bisa disembuhkan dokter, cuma syaratnya ibunda si anak harus menemani dokter semalam. Kalau tidak, maka dokter takkan mau mengobati si anak!”

Ucapan ini langsung disambut si janda dan ibu mertuanya dengan amarah dan makian.

Kemudian penyakit si anak kian hari kian parah, melihat putranya makin mendekati ajal, janda dan ibu mertuanya makin cemas, setelah berdiskusi akhirnya mereka memutuskan untuk mengikuti kemauan si dokter.

Tetapi penyakit si anak sudah terlambat diobati, akhirnya juga meninggal dunia. Si janda semakin merana, beragam perasaan berkecamuk di hatinya, akhirnya memilih mengakhiri hidupnya.

Masyarakat mengira si janda bunuh diri karena terlampau sedih ditinggal putra kesayangannya, tidak mencurigai alasan yang sesungguhnya. Ibu mertuanya juga menyimpan rahasia ini.

Tidak lama kemudian dokter yang berhati culas itu mendadak mati, disusul putranya yang juga mati mendadak. Rumahnya juga terbakar hingga tak bersisa. Istri si dokter yang tidak punya jalan keluar lagi, akhirnya pasrah menjadi wanita penghibur, tanpa sengaja suatu hari dia menceritakan aib si dokter kepada pelanggannya.   


紀曉嵐寫的因果故事
醫乘人危
   肅寧王太夫人,姚安公姨母也。言共鄉有嫠婦, 與老姑撫孤子,七八歲矣。婦故有色,媒妁屢至,不肯嫁。會子患痘甚危,延某醫診視。某醫遣鄰嫗密語曰:「是症吾能治。然非婦薦枕,決不往。」婦與姑皆怒 誶。既而病將殆,婦姑皆牽於溺愛,私議者徹夜,竟飲泣曲從。不意施治已遲,迄不能救。婦悔恨投繯殞,人但以為痛子之故,不疑有他。姑亦深諱其事,不敢顯 言。
  俄而某醫死,俄而其子亦死。室弗戒於火,不遺寸縷。其婦流落入青樓,乃偶以告所歡雲。
  【譯文】
    住在肅寧的王太夫人,是先父姚安公的姨母。聽王太夫人說,她老家有位寡婦,和她的婆婆一起撫育孤兒,孩子已長到七、八歲了。那寡婦頗有姿色,媒人屢找上 門,她總是婉言謝絕,矢志不嫁。但她那寶貝兒子突然出天花,病情嚴重,只得請某醫生來治療。醫生診視後,回去請鄰居老婆子來對她們婆媳說:「這病嘛,我保 證可以治好,但除非孩子的娘肯陪我睡覺。否則,我是絕不會前往治療的!」這話立刻遭到婆媳二人的一頓臭罵。
  然而,孩子的病卻一日重一日,眼見瀕臨死亡。婆媳二人心急如焚,商量了一夜,出於愛子心切,最後還是決 定忍辱曲從醫生。可是,孩子的病因沒有得到及時的救治,終於離開了人世。寡婦悔恨交加,遂懸樑自盡。人們只以為她的死是出於喪子之痛,並沒有懷疑其它的原 因。那婆婆對此事也諱莫如深,守口如瓶,不敢露一點兒風聲。
  不久,那個狼心狗肺的醫生突然死去,接著,他的兒子也突然死去。家裡又失了火,燒個精光。醫生的老婆走投無路,流落青樓當了妓女,才偶爾把這故事洩露給她相好的客人。