Jumat, 26 Desember 2014

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 04



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 4

Kemudian pada masa Kaisar Zhou Mu (kaisar ke-5 Dinasti Zhou) berkuasa, Dewa Wen Chang mendengar bahwa di penjuru barat ada seorang insan maha suci yang lahir ke dunia, insan maha suci yang dimaksud adalah Buddha Sakyamuni, Dewa Wen Chang merasa sangat kagum, beliau sangat berharap dapat belajar pada Buddha Sakyamuni, maka itu pada kelahiran tersebut, saat usianya berakhir, alaya-vijnana (kesadaran) nya keluar dari tubuh kasarnya lalu terbang ke penjuru barat, hendak mencari Buddha Sakyamuni.

Akhirnya di tengah perjalanan ketika melewati Danau Dongting, di sana ada sebuah pegunungan yang bernama Junshan, panoramanya sangat indah, Dewa Wen Chang jadi terpana melihat keindahan pegunungan tersebut. Ketika dia sedang terlena menikmati keindahan alam tersebut, muncullah para dewa penghuni pegunungan tersebut lalu mengundangnya untuk menjadi dewa gunung tersebut. Akhirnya karena terpikat oleh keindahan panorama gunung tersebut, kemudian dia menjadi Dewa Gunung.

Untuk sementara dia melepaskan niatnya semula yakni pergi ke penjuru barat dan belajar pada Buddha Sakyamuni, begitu niat ini tertunda, maka kelahiran-kelahiran beliau yang berikutnya berubah menjadi sangat mengerikan. Maka itu yang paling ditakuti manusia adalah sebersit niat pikiran yang salah, ketika menjelang ajal hendak terlahir ke Alam Sukhavati juga serupa, sebersit niat pikiran suci ini andaikata sempat terpikat oleh sesuatu di dunia ini, maka hal ini bisa menunda kelahiran ke Alam Sukhavati.

Maka itu pada saat itu  Dewa Wen Chang telah menjadi Dewa Gunung, suatu hari beliau melihat ada seorang wanita yang sedang memohon dikaruniai anak, memohon pada Dewa Gunung agar dirinya dikaruniai seorang putra. Oleh karena suami wanita ini dibuang ke pengasingan oleh Kaisar Zhou Li, lalu meninggal dunia di tanah pengasingan, saat itu wanita ini sedang mengandung, maka itu wanita tersebut memohon perlindungan dari Dewa Gunung, supaya dia dapat melahirkan seorang putra dengan selamat, agar keluarga suaminya dapat memiliki seorang penerus.

Dewa Gunung amat tersentuh oleh ketulusan hati wanita tersebut, merasa begitu terharu dan tergugah, begitu perasaannya goyah, tanpa disadari dia telah masuk ke dalam kandungan wanita itu, lalu lahir dan menjadi putranya, namanya adalah Zhang Zhong-si, nama kehormatannya Xiao-you. Oleh karena pada masa kelahiran lampaunya dia merupakan insan terpelajar, maka itu pada kehidupan ini dia menjadi pejabat, dengan ajaran bakti membangun keluarga dan mendukung kaisar.

Kemudian pada kelahiran berikutnya, Dewa Wen Chang terlahir sebagai pejabat dari Kaisar Zhou You, oleh karena tidak sudi mendengar nasehat Dewa Wen Chang, akhirnya Kaisar Zhou You memaksanya meneguk arak beracun, untuk mengakhiri hidupnya. Setelah meninggal dunia, oleh karena Dewa Wen Chang begitu setia dan mencintai negara, sehingga arwahnya gentayangan dan mengelilingi istana selama tiga hari.

Akhirnya Kaisar Zhou You menyuruh orang untuk mengusir arwahnya, dengan tak berdaya dia pergi dengan isak tangis, akhirnya arwahnya tiba di gunung salju lalu menjadi dewa di sana.

Kemudian Dinasti Zhou runtuh, setelah Periode Semi Dan Gugur (770-476 SM) dan Peperangan Negara-negara (475-221 SM) berlalu, sampailah pada masa Dinasti Qin (221-207 SM), dinasti ini berumur pendek, begitu cepat sudah diruntuhkan oleh Chu Ba-wang dan Liu Bang (seorang ketua bandit yang kemudian menjadi pendiri dan kaisar pertama dari Dinasti Han, memerintah dari tahun 202-195 SM dan mendapat gelar sebagai Kaisar Han Gao-zu ).

Liu Bang berhasil mendirikan Dinasti Han, sementara Chu Ba-wang malah mengakhiri hidupnya sendiri.
   
Pada saat ini, Dewa Wen Chang melihat peperangan dan kekacauan yang sedang terjadi di dunia manusia, rakyat hidup dalam siksaan, maka itu dia sangat berwelas asih ingin turun ke dunia menyelamatkan manusia, lalu memperoleh ijin dari Kaisar Langit.

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 21 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(四)

後來在周穆王的時代,他聽說西方有位大聖人降世,這位聖人就是釋迦牟尼佛,他很羨慕,很希望去跟隨釋迦牟尼佛學習,所以那一世他去世的時候,就是佛法裡講變成中陰身,他的神識從身體出來,於是就往西方飛去,想要尋找釋迦牟尼佛這位大聖人。結果在路上路過洞庭,洞庭湖有一個洞庭君山,非常的美,他就被這個山色所吸引了。正在他觀賞山色的時候,就有山中的這些仙子、仙童來祈請他來做洞庭君山的山神。結果他一念迷戀山色,他就做了山神,把到西方去學習這個念頭暫時放下,這麼一耽誤,後面的輪迴就變得很可怕。所以人最怕就是有一念之差,想要往生極樂世界的時候也是這樣,臨終那一念被這個世間任何的東西所吸引,可能就耽擱了往生。

所以帝君那時候他做了山神,有一天遇到了一個婦人在山中求子,求山神給她降生兒子。因為這個婦人的先生被周厲王流放,死在他鄉,這個婦人當時懷了孕,所以婦人祈求山神護佑,讓她能夠平平安安的生下一個兒子,給夫家能夠續延香火。這個山神被這個婦人那種真摯的感情所動,感情一動,不知不覺自己就入胎了,後來降生,他的名字叫張忠嗣,號孝友,叫張孝友,他的名是仲。所以我們看到《詩經.小雅》就有他的名字,叫張仲孝友。這個人確實是一位知書達禮之人,因為他有前生的修學,確實後來做了官,真正以孝友之風齊家,輔助國君。後來又一世,他做了周幽王的臣子,周幽王因為不聽他的勸諫,反而發怒賜他毒酒,讓他死了。他死了以後,因為他非常忠君愛國,所以他的魂魄繞著宮殿三日不散。結果幽王命人驅趕,他無奈,只好痛哭而走,結果到了雪山做了大仙。又後來,周朝覆沒,春秋戰國之後就到了秦朝,秦朝年代很短,很快就被楚霸王和漢高祖劉邦給推翻了,楚霸王烏江自刎,劉邦建立了漢朝的政權。正在這個時候,帝君看到天下戰火紛紜,人民百姓民不聊生,所以很慈悲想要下人間來救度,得到了上帝的批准。

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第一集)  2009/1/21  華嚴講堂  檔名:52-328-0001