Jumat, 05 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 16


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Satu Profesi Saling Sirik

Sarjana negeri yang bernama Yong Ning, terserang penyakit berat, sekujur tubuhnya terasa letih, semangatnya turun drastis. Sudah berobat ke Tabib A namun juga tak kunjung sembuh.

Kemudian beralih berobat ke Tabib B. Tabib B meminta resep obat yang dibuka oleh Tabib A, tetapi Yong Ning tidak menemukannya, dia mengira pembantu rumah yang menaruhnya di sembarangan tempat.

Akhirnya  dia memerintahkan seluruh pembantu rumahnya mencari kertas resep tersebut di setiap ruangan rumah, apabila tidak berhasil menemukannya, maka semuanya akan dicambuk.

Yong Ning jadi kesal dan tergesa-gesa, lalu merebahkan diri di bantal dan memejamkan mata beristirahat, samar-samar dia melihat ada seseorang berlutut di bawah lampu lampion, berkata padanya : “Mohon tuan jangan mencambuk para pembantu rumah, hamba yang menyembunyikan kertas resep obat itu. Ketika anda sedang menjabat sebagai kepala penjara kabupaten, mulanya saya adalah terpidana mati, namun anda berhasil mengembalikan keadilan buatku”.

Yong Ning bertanya padanya, apa tujuannya menyembunyikan resep obat tersebut. Orang itu menjawab : “Umumnya orang yang satu profesi akan saling sirik. Tabib B ini setelah melihat resep yang dibuka Tabib A, pasti akan mengubah resep obat tersebut, untuk menunjukkan kehebatan ilmu pengobatan yang dimilikinya.

Padahal sesungguhnya resep obat yang dibuka oleh Tabib A sudah cocok, hanya saja anda baru minum satu bungkus saja, sehingga kekuatan obat tidak dapat terus berkembang, maka itu tidak tampak hasilnya.

Kalau Tabib B melihat resep obat ini, dia pasti akan membuka resep obat yang terbalik dengan sebelumnya, supaya tampak berlainan, dengan demikian obat bukan saja menyembuhkan penyakit, bahkan nyawa tuan juga terancam. Maka itu hamba secara diam-diam menyembunyikan resep obat itu”.

Saat itu Yong Ning sedang mengantuk, tidak menyadari sosok yang berlutut di hadapannya adalah hantu. Tidak lama kemudian, barulah dia menyadarinya, keringat dingin bercucuran memenuhi sekujur tubuhnya.

Kemudian dia pergi menemui Tabib B dan bilang padanya kalau kertas resep Tabib A sudah hilang, bahkan juga tidak mengingat lagi obat apa yang ditulisnya, meminta Tabib B menulis resep baru.

Setelah Tabib B selesai menulis resep dan menyerahkan padanya, begitu melihatnya, dia jadi tercengang, resep obat yang ditulis Tabib B ternyata sama dengan yang ditulis Tabib A. Akhirnya setelah mengkonsumsi beberapa bungkus obat, penyakitnya jadi sembuh.

Tuan Yong Ning ketika bertugas di Urumqi, menceritakan pengalamannya ini langsung kepadaku, bagaimana dia melewati satu kurun waktu melawan penyakit, sambil berkata : “Hantu ini boleh dikatakan sangat bijaksana dalam mengenal kehidupan manusia di dunia ini!”              
          
 


紀曉嵐寫的因果故事
同行相忌
  內閣學士永公,諱寧,嬰疾,頗委頓。延醫診視,未遽愈。改延一醫,索前醫所用藥貼,弗得。公以為小婢誤 置他處,責使搜索,雲不得且笞汝。方倚枕憩息,恍惚有人跪燈下曰:「公勿笞婢,此藥貼小人所藏。小人即公為臬司時,平反得生之囚也。」問:「藏藥貼何 意?」曰:「醫家同類皆相忌,務改前醫之方,以見所長。公所服藥不誤,特初試一劑,力尚未至耳。使後醫見方,必相反以立異,則公殆矣。所以小人陰竊之。」 公方昏悶,亦未思及其為鬼。稍頃始悟,悚然汗下。乃稱前方已失,不復記憶,請後醫別疏方。視所用藥,則仍前醫方也。因連進數劑,病霍然如失。公鎮烏魯木齊 日,親為余言之。曰:「此鬼可謂諳悉世情矣。」
  【譯文】
  內閣學士永寧先生得了一場大病,身體疲乏,精神憔悴。請醫生診治,當時未見好轉。便另請一位醫生診治。 這位醫生向他索要以前服過的藥方以備參詳,他沒有找到,以為是小丫環們誤置在什麼地方。就命丫環們尋找,說是找不到的話,就要給她們一頓痛打。永寧心裡又 氣又急,就躺下來倚枕閉目養神。恍惚之中,似乎看見有人跪在案前燈下,對他說:「請大人不要鞭打丫環。那張舊藥方是小的給藏起來的。小的便是你任臬司時, 替我平反昭雪得以生還的那個死囚啊。」永寧就問他藏藥方有什麼用意?那人說:「通常醫家同行相忌。他拿到舊藥方,必定要更改前一位醫生的方子,以顯示自己 的醫術高明。而你所服的藥並沒有錯,只是你才服一劑,藥力不得持續發揮,所以不能即時見效。假如這位醫生見到舊藥方,必用相反的藥以立異,這麼一來,藥不 對症,大人的性命可就危險了。所以小的才把舊藥方暗暗收藏起來。」永寧當時昏昏沉沉,並沒有意識到跪在他面前的是個鬼。過了會兒,才忽然有所醒悟,不禁出 了一身冷汗。於是,他就稱說以前那張藥方已丟失了,而且用的是些什麼藥也記不清了,請這後一位醫生另開新方。待這位醫生開了藥方,他拿過來一看,方子上所 用的藥,竟與前一位醫生開的處方完全相同。於是連服數劑,他的病很快就好了。
  永寧先生鎮守在烏魯木齊的時候,曾親口對我說起他治病的這段經過。並說:「這個鬼真可說是深悉世故人情啊!」