Senin, 29 Desember 2014

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 14



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang 
Bagian 14

Berikut ini adalah ceramah dari Dewa Wen Chang kepada kita tentang cara untuk memupuk berkah dan memperluas menanami ladang berkah. Kalimat ke-16 adalah :

 “Senantiasa memberi manfaat bagi diri sendiri dan insan lain, melakukan berbagai kebajikan tersembunyi”. 

Kalimat ini boleh dikatakan sebagai prinsip dalam pintu pelaksanaan, apabila kita benar-benar ingin memperoleh berkah, maka harus senantiasa memberi manfaat bagi diri sendiri dan insan lain. Sehari 24 jam, niat baik itu takkan terputus, maka itu begitu ada kesempatan pasti melakukan kebajikan.

Melakukan berbagai kebajikan tersembunyi, kebajikan tersembunyi adalah kebajikan yang tidak disebarkan pada orang lain, setiap saat ada kesempatan berbuat baik maka harus segera melakukannya, tidak perlu diketahui orang lain, juga tidak memiliki pikiran yang mengharapkan balasan. Ini adalah berdana dengan hati yang suci dan hati yang tidak melekat, menempatkan kebajikan sebagai kewajiban dasar diri sendiri, yang sudah sepatutnya dilakukan dan bukan untuk mengejar ketenaran semata, juga bukan mengharapkan kelak akan ada balasan yang baik, tetapi adalah kewajiban yang harus saya lakukan, maka itu mengerahkan segenap kemampuan untuk mewujudkannya, pasti terus maju tanpa gentar. 

Andaikata tidak mampu melakukannya, kemampuan ini tidak mencukupi, kebajikan yang tidak sanggup diwujudkan, maka juga harus membangkitkan sebersit niat yang baik, semoga kelak memiliki kesempatan untuk mewujudkannya dengan sempurna, supaya niat baik diri sendiri juga terwujud dengan sempurna. Jadi ini adalah membahas tentang pintu pelaksanaannya.  

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009




文昌帝君陰騭文大意
(十四)

底下帝君給我們開示修福,廣種福田如何在行門上用功。第十六句:

【行時時之方便,作種種之陰功。】

這一句可以說是在行門上的綱領。這一句是下文的總說,下文是別說。我們要真正得福,就要時時行方便。這個『方便』是什麼意思?「便」是便宜,「方」是方法,所以方便就是最合適的方法,自利利人。這個『時時』是無間的,一天二十四小時行善的心不間斷,所以一有機會必定是做善事。『種種之陰功』,「陰功」是陰德,不為人知的善就叫陰德,「種種」是代表沒有一樁遺漏。凡是有機會做必定去做,不需要別人知道,也沒有一個心要求果報。這是以清淨的心、以無著的心修布施,把修善作為自己的本分,應該做的,不是為了出名,也不是為了將來得好報,而是我自己應該做的本分事情,所以力有所能,必定是勇往為之。即使是不能,這個能力不夠,做不來的善事,也要發一個善願,希望將來有機會能夠把它做得圓滿,讓自己的善意也得到圓滿。所以這是講到行門。

摘錄自 :
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002