Jumat, 26 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 52


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Menciptakan Rumor Mengundang Petaka

Pejabat kekaisaran bernama Fo Lun-gong adalah sahabat ayahku. Beliau mengisahkan : Ada seorang pembantu pria dari sebuah keluarga hartawan, oleh karena malas sehingga dipecat majikannya. Tak diduga dia menyimpan dendam terhadap majikannya, sehingga menciptakan berbagai rumor yang menfitnah majikannya suka melakukan perbuatan asusila. Bahkan dia pintar bersilat lidah, seolah-olah memiliki bukti yang kuat.

Dalam sekejab rumor ini tersebar luas. Majikannya juga telah mendengarnya, namun tidak mampu menyumbat mulut pembantunya itu, juga tidak berdaya berdebat dengan orang licik begini. Keluarga majikan hanya dapat bersembahyang di kelenteng, memohon perlindungan pada Malaikat.

Suatu hari, pembantu ini sedang berkumpul bersama komplotannya di sebuah kedai teh, sambil bergunjing ria. Empat orang tamu memasang telinga mendengar pergunjingan seru tersebut. Tiba-tiba pembantu itu berteriak keras, terhempas di atas meja dan tewas seketika.    

Tidak ditemukan penyebab kematiannya, akhirnya hanya dapat melaporkan kasus ini ke pejabat setempat yang kemudian menguburnya dengan seadanya. Oleh karena peti jenazah yang tipis dan galian tanah yang dangkal, sehingga jasadnya dengan mudah ditemukan dan jadi santapan anjing liar, hanya tersisa beberapa batang tulang saja. Akhirnya masyarakat baru mengetahui balasan untuk orang yang tidak berbudi tersebut.  

Tuan Fo pembawaannya tenang, sehingga orang lain mudah mendekatinya. Tetapi beliau tidak suka mendengar pergunjingan kesalahan orang lain. Setiap pembantu rumahnya yang suka berbincang tentang kesalahan yang dilakukan oleh mantan majikan-nya, maka dia segera mempersiapkan uang pesangon dan memecatnya. Ini merupakan pelajaran buat pembantu tersebut.

Beliau pernah berkata padaku : “Pada masa Dinasti Song ada seorang yang bernama Dang Jin, mendengar perdebatan mengenai sosok Han Xin (Jenderal tersohor dari Liu Bang pendiri Dinasti Han). Saat itu juga Dang Jin mengusir orang-orang yang terlibat dalam perdebatan itu.

Ada orang yang bertanya pada Dang Jin mengapa mengusir orang-orang yang sedang berdebat itu? Dang Jin menjawab : “Mereka memperdebatkan Han Xin di hadapanku, kalau begitu, di depan Han Xin, mereka juga akan memperdebatkan diriku, pergunjingan demikian mana boleh didengar!”

Sejak dulu hingga sekarang, orang-orang menertawakan Dang Jin sebagai orang tolol yang lucu. Mereka tidak tahu sesungguhnya betapa cerdiknya Dang Jin. Orang-orang yang suka mendengar perdebatan tentang sosok Han Xin, tidak terpikir bahwa di depan Han Xin mereka juga akan memperdebatkan dirinya, inilah yang disebut sebagai orang paling tolol!”          


紀曉嵐寫的因果故事
造謠招禍
  御史佛公倫,姚安公老友也。言貴家一傭奴,以游 蕩為主人所逐。銜恨次骨,乃造作蜚語,誣主人帷薄不修,縷述其下烝上報狀。言之鑿鑿,一時傳佈。主人亦稍聞之,然無以箝其口,又無從而與辯。婦女輩惟爇香 吁神而已。一日,奴與其黨坐茶肆,方抵掌縱談,四座聳聽,忽噭然一聲,已僕於幾上死。無由檢驗,以痰厥具報。官為斂埋,棺薄土淺,竟為群犬搰食,殘骸狼 藉。始知為負心之報矣。
  佛公天性和易,不喜聞人過,凡僮僕婢媼,有言舊主之失者,必善遣使去,鑒此奴也。嘗語昀曰:「宋黨進聞 平話說韓信,即行斥逐。或請其故,曰:『對我說韓信,必對韓信亦說我,是烏可聽?』千古笑其憒憒,不知實絕大聰明。彼但喜對我說韓信,不思對韓信說我者, 乃真憒憒耳。」真通人之論也。
  【譯文】
  御史佛倫公,是先父姚安公的老朋友。他說:有個富費人家雇了一個奴僕,因為游手好閒且不務正業,被主人 辭退了。不料他對主人懷恨在心,便製造種種流言蜚語,誣陷主人家庭生活淫亂,男女亂倫。而且說得繪聲繪色,有根有據。這謠言一下子就傳開了。這家主人對此 也有耳聞,但無法鉗住這奴才的嘴巴,又不能跟這樣的小人去爭辯。婦女們只好燒香磕頭,求神靈來制止、澄清這種謠言。
  有一天,這奴才正和他的狐朋狗黨坐在茶館裡指手劃腳,胡說八道,四座客人正聽得入神,忽然,這奴才一聲 怪叫,撲在桌上死了。也找不出他死亡的原因,只好以痰厥報官。官府出錢把他草草收殮掩埋。可憐棺薄土淺,竟被一群野狗扒開,吃得個血肉狼藉,只剩下幾根骨 頭。人們才明白這是他負心的報應。
  佛公天性平和,使人容易接近。但他不喜歡聽人議論別人的過失。凡僮僕婢媼,有在他面前說以前主人的過錯,他都好好地安排盤纏打發他們離去。這是有鑒於那個奴才的教訓啊。
  他老人家曾對我說:「宋朝有個名叫黨進的人聽人說評書,說書人正頭頭是道地評論當年韓信如何如何。黨進 當即把說書的人呵斥趕走。有人問黨進為什麼把說書的人趕走?黨進說:『此人在我面前說韓信,他在韓信面前必然也會說我,這類話怎麼可以聽!』千古以來,人 們都笑黨進傻得可愛。卻不知這正是他絕大聰明的地方。那些只喜歡聽人在自己面前說韓信,卻沒有想到別人在韓信面前也會說自己,這才是真正的大傻瓜!」這的 確也是一種遠見卓識的高論啊。