Senin, 05 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 36



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 36

Berikutnya adalah kalimat ke-68 :
 “Melestarikan buku-buku yang menasehati manusia agar kembali ke jalan yang benar.” 

Ini adalah usaha melestarikan ajaran, membantu generasi penerus agar dapat memperbaiki diri kembali ke jalan yang benar, contohnya seperti buku penjelasan dari “Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang” ini, yang juga merupakan ajaran insan suci dan bijak yang amat bagus, buku pusaka yang menasehati manusia agar berbuat kebajikan, dapat menghindarkan diri kita dari berbuat kesalahan, membantu kita untuk memutuskan kejahatan dan menimbun kebajikan, ini adalah maitri karuna, termasuk Dharma Dana.  

Kita mengerahkan segenap kekuatan untuk menyebarluaskannya, membantu dan mendukung Tuan An-shi, ini juga merupakan usaha “Melestarikan buku-buku yang menasehati manusia agar kembali ke jalan yang benar.”

Maka itu pepatah Tiongkok berkata “Dalam membangun negara dan mensejahterakan rakyat, pendidikan merupakan yang terutama”, pendidikan merupakan alat yang penting untuk membantu sebuah negara supaya adil dan makmur.

 Kalimat ke-69 adalah :
“Mengorbankan kepentingan diri sendiri untuk mewujudkan keberhasilan orang lain”.

Ini adalah mengorbankan harta benda sendiri, untuk mewujudkan kebajikan yang dilakukan orang lain. Cakupan ini amat luas, membantu masyarakat, membantu kelompok atau organisasi, mengerahkan kemampuan yang ada, yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin. 


Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009



文昌帝君陰騭文大意
(三十六)

  下面第六十八句是講:

【垂訓以格人非。】

這是留下教誨,幫助後人改過自新,正如安士先生這篇《文昌帝君陰騭文》的註解,就是很好的聖賢教誨,勸善的寶書,可以革除我們的過失,幫助我們斷惡修善,這是慈悲,屬於法布施。我們極力的來推廣弘揚,助安士先生一臂之力,這也是學習『垂訓以格人非』。所以中國古人講的「建國君民,教學為先」,教育是幫助一個國家安定、繁榮重要的工具。第六十九句講的:

【捐貲以成人美。】

這是捐助一點自己的資財,成就別人的好事。這個範圍也是很廣泛,幫助社會,幫助人群,有一分力就出一分力,總要做到盡心盡力。

      

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002