Kamis, 01 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 18



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 18

Selanjutnya ada sembilan kalimat yang mengajari kita cara untuk menciptakan berkah, di dalam Ajaran Buddha digunakan istilah berdana, ada tiga jenis dana yakni Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana (dana untuk menghilangkan ketakutan pada makhluk lain). Sembilan kelimat ini adalah membahas tentang Amisa Dana dan Abhaya Dana.

“Memberi pertolongan harus segera, bagaikan menolong ikan di jalanan yang kering atau bagaikan menolong burung pipit yang terjebak di jaring-jaring.”  

 Ini membahas tentang menyelamatkan nyawa kehidupan. Ikan dan Burung Pipit adalah mewakili nyawa kehidupan seluruh makhluk. “Bagaikan ikan yang kekeringan di jalanan”, di jalanan tersebut hanya ada beberapa tetes air, ikan ini sudah hampir mati kekeringan, harus menolongnya, dengan sangat mendesak dan tidak boleh ditunda lagi.

“Bagaikan burung pipit yang terjebak di jaring-jaring”, begitu terancam, harus segera menolongnya. Semua ini memberitahukan pada kita bahwa dalam menyelamatkan para makhluk harus segera dan tidak boleh ditunda. 

Serupa dengan Bodhisattva Avalokitesvara yang memiliki ribuan tangan dan ribuan mata, ketika melihat ada makhluk yang menderita, Bodhisattva segera menyelamatkannya, segera mengulurkan tangan memberi bantuan. 

Meskipun kita tidak sanggup memberi pertolongan, juga harus mempunyai sebersit niat untuk menolongnya, mengerahkan segenap kemampuan untuk mewujudkan semua kebajikan, ini barulah ada jasa kebajikan yang sempurna.         

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(十八)

後頭有九句是教導我們造福的修法,用佛法的術語來講這是修布施,布施有三種,財布施、法布施、無畏布施。這九句講的是財布施和無畏布施。

  【濟急如濟涸轍之魚,救危如救密羅之雀。】

這是講到救護生命。『魚』和『雀』是代表一切眾生的生命。『涸轍之魚』,就像乾涸的車轍裡面的魚,那個車轍就只有一點點水,這個魚很快就要乾死了,要救護牠,急迫不可有半點的耽擱。『密羅之雀』,在羅網當中的小麻雀,非常的危險,把牠救助出來。這是什麼?講我們救度眾生要刻不容緩。就像佛家裡講的觀世音菩薩千手千眼,千手千眼代表什麼?見到眾生苦難,眼到手到,立刻就要伸出援手。縱然我們力量不能夠真正救度,也要有那顆救度的心,凡事都要盡心盡力的去做,這才能有圓滿的功德。

摘錄自 :
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002