Rabu, 03 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 05


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Petir Menyambar si Penghasut

Pada tahun 1732, ada seorang istri pejabat, dalam keseharian tidak pernah bertengkar dengan orang lain. Tetapi suatu hari, tiba-tiba muncul awam hitam menutupi mentari, petir dan kilat saling bersahutan, seberkas cahaya kilat menembusi daun jendela, ibarat seunggun api datang menyambar, menyerang ke jantung wanita itu, lalu menembus keluar dari panggul kirinya, wanita ini langsung tewas di tempat.    

Sementara itu suaminya juga mengalami luka bakar karena disambar petir, dari pundak belakang hingga bagian pantat jadi hitam, hanya tinggal sehela nafas yang masih tersisa. Lama kemudian barulah siuman.

Begitu melihat kondisi istrinya yang mati mengenaskan akibat disambar petir, dia tidak sanggup menahan jerit tangisnya : “Tabiatku pemarah, dalam keseharian suka melawan ibunda, ini memang ada. Tetapi kamu, cuma menceritakan padaku derita di hatimu saat kita berdua, lalu sering menangis, bagaimana petir ini bisa silap menyambar dirimu?”

Si suami ini sedang menyalahkan Langit berlaku tidak adil dalam menjatuhkan hukuman, padahal dia tidak tahu bahwa balasan berat menimpa pelaku utama-nya. Untuk poin yang satu ini, tak peduli di dunia maupun akhirat adalah serupa.           
            


紀曉嵐寫的因果故事
雷殛長舌
  雍正壬子,有宦家子婦,素無勃谿狀。突狂電穿牖,如火光激射,雷楔貫心而入,洞左脅而出。其夫亦為雷焰燔燒,背至尻皆焦黑,氣息僅屬。久之乃蘇,顧婦屍泣曰:「我性剛勁,與母爭論或有之。爾不過私訴抑鬱,背燈掩淚而已,何雷之誤中爾耶?」是未知律重主謀,幽明一也。
  【譯文】
  雍正壬子(1732)年間,有個官宦人家的媳婦,平時並沒有與任何人吵過架。可是有一天,突然烏雲蔽 日,雷電交加,一道閃電穿過窗戶,如一束火光激射,擊中這個媳婦的心房,又從左脅下洞穿而出,這個媳婦當場死去。而她的丈夫也被雷火燒傷,從後背至臀部一 片焦黑,只剩下一口氣尚存。過了許久才甦醒過來。他一見妻子被雷擊死的慘狀,不禁放聲大哭道:「我的脾氣暴躁,平日經常頂撞母親,這是有的。可你呢,只不 過在私下裡向我傾訴心中的不快,一個人常悄悄地哭泣而已,怎麼雷電就這樣誤把你擊死了呢?」
  這位做丈夫的似乎在埋怨上天懲罰得不公平,但他哪裡知道律例嚴懲主謀。這一點,無論陰間陽間的法律都是一樣的。