Rabu, 03 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 07



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Ular Memakan Istri Pengemis

Ibunda pembantu rumahku yakni Ibu tua Shen, mengisahkan: Di Kabupaten Gaochuan terdapat seorang pengemis, bersama ibunda dan istrinya, mereka tinggal di sebuah kelenteng yang sudah rusak.

Ketika musim panas tiba, pengemis ini berhasil mengumpulkan segantang gandum, berpesan pada istrinya supaya menggilingnya jadi mie, lalu memasaknya buat sang bunda.

Tetapi istri pengemis ini malah menyembunyikan mie yang berkualitas bagus, sedangkan yang bercampur dengan kulit gandum, yang merupakan mie kualitas kedua, setelah diproses dengan air kotor, lalu dibuatkan pancake buat mertuanya.

Malam itu, hujan turun dengan lebatnya, disertai petir, dalam kegelapan terdengar suara jeritan istri pengemis yang menyayat hati. Pengemis terbangun dan melihat ada seekor ular besar masuk melalui mulut istrinya ke dalam perutnya, mengigit hatinya, istri pengemis tewas seketika.

Ketika pengemis membawa jasad istrinya untuk dikubur di luar, Ibu tua Shen masih menyaksikan dengan mata kepala sendiri, ekor ular itu dari mulut wanita itu hingga mencapai dadanya, paling tidak juga ada lebih dari 2 kaki panjangnya.         



紀曉嵐寫的因果故事
蛇噬丐婦
  侍姬之母沈媼言:高川有丐者,與母妻居一破廟中。丐夏月拾麥斗余。囑妻磨面以供母。妻匿其好面,以粗面溲穢水,作餅與母食。是夕大雷雨,黑暗中妻忽嗷然一聲。丐起視之,則有巨蛇自口入,嚙其心死矣。丐曳而埋之。沈媼親見蛇尾垂其胸臆間,長二尺餘雲。
  【譯文】
  我侍姬的母親沈老太太說:高川縣有個乞丐,他和母親、妻子同住在一所破廟裡。夏天時節,乞丐拾了一斗多麥子,囑咐妻子磨成面,供給老母吃。那乞丐之妻竟把好面藏起來,而把含麩皮多的次面用污水調和了,作成烙餅給婆婆吃。
  這天夜裡下了一場大雷雨,黑暗中忽聽乞丐妻子一聲慘叫。乞丐起來一看,有一條大蛇從她口中鑽進了肚子,咬住她的心肝,已經死了。乞丐把妻子拉出去掩埋時,沈老太太還親眼看見那蛇的尾巴從那女人嘴裡一直垂到胸前,少說也有二尺多長。