Minggu, 21 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 47


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Mengendalikan Kuda Membalas Budi

Tuan Ai Tang pada suatu malam usai meneguk arak lalu menunggang kuda pulang ke rumahnya, di tengah perjalanan mendadak kudanya terkejut dan jadi tak terkendali, dalam sekejab berlari menerobos ke dalam hutan belantara, kadang kala menelusuri jalanan yang tidak rata, beberapa kali dia hampir terhempas jatuh dari pelana kuda.

Pada saat genting ini, ada orang yang muncul di balik kegelapan hutan, satu tangannya menarik tali menghentikan kuda, satu tangannya lagi menopang tubuh Tuan Ai Tang turun dari kudanya, sambil berkata : “Tempo dulu ibundaku sering mendapat bantuan dari Anda, hari ini saya menolongmu dari mara bahaya, adalah sebagai balas budi”.  

Tuan Ai Tang baru saja bermaksud menanyakan nama penolongnya, namun dalam sekejab mata, orang ini sudah tidak kelihatan lagi. Tuan Ai Tang mengenang kembali, sepanjang hayatnya tidak pernah membantu ibunda orang lain, tidak tahu apa maksud ucapan hantu itu.

Inilah yang dikatakan di dalam sutra Buddha sebagai melakukan kebajikan namun tidak mengingatnya di dalam hati, barulah merupakan jasa kebajikan paling besar!      


紀曉嵐寫的因果故事
挽轡報恩 
  愛堂先生嘗飲酒夜歸,馬忽驚逸。草樹翳薈,溝塍凹凸,幾蹶者三四。俄有人自道左出,一手挽轡,一手掖之下。曰:「老母昔蒙拯濟,今救君斷骨之厄也。」問其姓名,轉瞬已失所在矣。先生自憶生平未有是事,不知鬼何以云然。佛經所謂無心佈施,功德最大者歟!
  【譯文】
  愛堂先生有一晚喝酒後騎馬夜歸,那馬忽然受驚狂奔起來,一會兒闖入稠密的樹林子裡,一會兒又奔行在溝溝 坎坎凹凸不平的曠野,有好幾次差點把他從馬上摔下來。正在危急時,有人從道旁閃身而出,一手拉住了韁繩,另一隻手把他扶下馬,並對他說:「我老母以前多蒙 你救濟,今天我救你脫離斷骨的厄難,以作報答。」愛堂先生剛要打聽他的姓名,眨眼之間,此人便不見了。愛堂先生回憶,他生平似乎沒有做過救濟別人老母的 事,不知此鬼的話是從何說起。
  這就是佛經上所說的,做了好事並不記在心中,才是最大的功德呀!