Kamis, 25 Desember 2014

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 03




Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 3

Tuan An-shi menulis penjelasan dari “Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang”, sungguh mendalam dan memberi manfaat yang luar biasa kepada orang banyak, barulah bisa memperoleh pujian dari Master Yin Guang. Dewa Wen Chang berwelas asih mendidik kita, “Syair Kebajikan Tersembunyi ini sangat pendek, hanya 544 aksara dan 78 kalimat, namun setiap kata merupakan nasehat dari Dewa Wen Chang.

Hari ini kami akan memperkenalkan secara sederhana makna dari “Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang”, pertama-tama marilah kita melihat judul dari syair tersebut yakni :

 “Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang”

Dewa Wen Chang merupakan seorang dewa Aliran Tao. Meskipun beliau adalah seorang Taoisme, namun beliau bukan secara keseluruhan menyebarkan Ajaran Tao. Namun beliau giat dalam menasehati para makhluk supaya melakukan kebajikan.

Pada masa kelahiran lampaunya, Dewa Wen Chang selalu bertumimbal lahir di Sichuan, maka itu Kabupaten Zitong di Sichuan merupakan tempat pertapaannya. Selain itu beliau juga selalu terlahir di keluarga bermarga Zhang. Syair ini menasehati kita supaya menimbun kebajikan tersembunyi, yakni kebajikan yang dilakukan tanpa harus diketahui insan lain.

Kemudian kalimat pertamanya adalah :

“Saya bertumimbal lahir sebanyak 17 kali sebagai insan terpelajar”

Jadi sebanyak 17 kali kelahiran, Dewa Wen Chang terlahir sebagai kaum intelek. Pada jaman dahulu kala, insan terpelajar biasanya lulus ujian sarjana dan menjadi pejabat, mengabdi pada negara dan rakyat. Mengenai tumimbal lahir Dewa Wen Chang, yang tercatat adalah mulai dari masa Dinasti Zhou hingga Dinasti Song.

Nama Wen Chang adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh Kaisar Ren-zong dari Dinasti Yuan, tercatat bahwa pada awal masa Dinasti Zhou, Dewa Wen Chang bertumimbal lahir di sebuah tempat bernama Huiji. Ayahnya adalah seorang ksatria tersembunyi (insan terpelajar yang menjauhi keramaian, mengasingkan diri di tempat yang sunyi), bermarga Zhang, oleh karena memohon pada Langit agar dikaruniai putra, sehingga mengundang kelahiran Dewa Wen Chang ke dunia. Setelah dewasa, dia menuntun penduduk setempat untuk mempelajari Ajaran Konfusius dan mengamalkan moralitas. Maka itu Dewa Wen Chang dalam banyak kelahirannya mempelajari Ajaran Konfusius dan juga sebagai orang terpelajar, sehingga Kaisar Langit mengutusnya untuk mengurus bidang pendidikan dan kebudayaan, itu sungguh beralasan.

Juga tercatat bahwa ketika Kaisar Zhou Wu memerintah (1046-1043 SM), putranya bernama Kaisar Zhou Cheng, Dewa Wen Chang pernah mendukung dan membantu Kaisar Zhou Cheng. Kaisar Zhou Wu merupakan pendiri Dinasti Zhou Barat, beliau meninggal dalam usia muda, kemudian adik laki-laki Kaisar Zhou Wu, yakni Zhou Gong berusaha mendukung dan membantu Kaisar Zhou Cheng. Dalam perkembangan sejarah, kejadian ini tersohor sebagai “Zhou Gong sebagai wali”.

Pada saat itu Dewa Wen Chang menjadi salah satu tabib kekaisaran, ilmu pengobatannya sangat tinggi, telah berhasil menyembuhkan banyak orang, bahkan dia berhasil mencairkan kembali hubungan Zhou Gong dan Kaisar Zhou Cheng. Oleh karena pada saat itu Kaisar Zhou Cheng masih berusia kecil, Zhou Gong menjadi wali dalam mengurus pemerintahan, sulit untuk menghindari terjadinya banyak desas-desus yang mengatakan apakah Zhou Gong akan berambisi mengambil alih kekuasaan.

Kita tahu bahwa Zhou Gong, Kaisar Zhou Wen dan Kaisar Zhou Wu merupakan insan suci, mana mungkin akan melakukan hal sedemikian, namun kecurigaan tetap sulit dihindari. Maka itu pada saat itu Dewa Wen Chang menjelaskan dan memuji moralitas yang dimiliki Zhou Gong, sehingga menghapus kecurigaan dan kekhawatiran dari banyak pihak, termasuk Kaisar Zhou Cheng sendiri, sehingga pemerintahan berjalan dengan stabil.          

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 21 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(三)

文昌帝君教導我們的一片苦口婆心,婆心是慈悲之心,這部書,這個《陰騭文》很短,只有五百四十四個字,總共有七十八句,篇幅非常的短,可是字字都是文昌帝君勸善的婆心。而《安士全書》這個《廣義節錄》,文昌帝君的婆心,為我們揭露得一點保留都沒有,和盤托出。

今天我們只是簡單的來介紹,把這個大意為大家介紹出來。
我們來看「文昌帝君陰騭文」的這個題目。

【文昌帝君陰騭文。】

文昌帝君是人,他是道家的一個神明。雖然他是道家神明,但是他並不是完全弘揚道法,卻是著力於勸善。他前身是梓潼神,在他的遊化當中常常出現在四川蜀地,所以四川梓潼縣是他的本山。他在轉生遊化裡面多半都生於姓張的人家,張姓。在《道藏》裡面有一部《文昌化書》,也叫《梓潼帝君化書》,講了他有九十七化,這是記載他九十七次遊化人間的這些故事。安士先生也引用了一部分遊化的故事來為我們說明。『陰騭文』的陰騭,意思就是陰德,所以這篇文章是勸我們廣積陰德。好,我們來看文章第一句:

【吾一十七世為士大夫身。】

這一句是文昌帝君自己現身說法,說他在一十七世當中做知識分子,『士大夫身』就是知識分子。過去知識分子多半都是出仕,考取功名做官,為國家、為人民服務。安士先生註解裡面講到他二十多個輪迴當中的故事,在《道藏》裡面的《梓潼帝君化書》記載他的轉世,始從周朝,一直講到宋朝。文昌帝君是元朝仁宗皇帝給他的封號,這記載當中說,他在周朝初年,他就出生在會稽這個地方,父親是個隱士,姓張,因為拜天求子,感得帝君的降生。帝君在那一世帶領那個地方的人民學儒、學禮。所以帝君是多生多世學儒,士人(知識分子),因此上帝命他掌管文運,確實是有道理的。

  記載當中說他在周武王時代,曾經輔佐周成王,周成王是武王的兒子。武王是開國的皇帝,他去世的早,由武王的弟弟周公輔佐成王,這就是歷史上有名的周公攝政。帝君在那一世是做成王的一個醫官,醫術很高明,救治了很多人,而且他還幫助調和周公與成王的關係。因為當時成王很小,周公攝政,難免就有很多流言蜚語,說周公是不是想要謀奪政權。我們知道周公和文王、武王都是聖人,他怎麼會做這種事情,但是懷疑是難免的。所以當時帝君為大家也都講述讚歎周公的德行,消除大家的疑慮。而且連成王本身也有疑慮,帝君也幫助他消除這種不必要的疑慮,所以這是穩定朝政。

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第一集)  2009/1/21  華嚴講堂  檔名:52-328-0001