Rabu, 10 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 31



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Mengakumulasi Kebajikan Melanjutkan Silsilah Keluarga

Di pinggiran ibukota terdapat beberapa lahan tanah kuburan. Saat berusia kecil, saya pernah berjalan melewati tempat ini. Pembantu rumahku yang telah berusia lanjut, pernah berkata padaku : “Lihatlah tanah kuburan itu, Keluarga Zhou turun temurun dimakamkan di sana. Hanya dikarenakan leluhur mereka melakukan sebutir kebajikan, barulah keturunannya dapat berlanjut hingga tiga generasi!”     

Shi Xiang mengisahkan : Pada masa kaisar terakhir Dinasti Ming bertahta, Provinsi Henan, Shandong dan lainnya, berturut-turut dilanda bencana kekeringan besar, lalu tanaman padi diserang hama belalang, sehingga petani menderita gagal panen.

Demi mengganjal perut, para korban bencana hanya bisa makan akar rumput dan kulit pohon, lama kelamaan berkembang menjadi manusia makan manusia, sampai-sampai pihak berwenang juga tidak berupaya menghentikannya. Sebagian wanita dan anak-anak diikat tangannya dan dibawa ke pasar untuk dijual, tukang jagal akan membelinya lalu disembelih dan dijual dagingnya.

Waktu itu leluhur Keluarga Zhou baru pulang dari berbisnis di Dongchangfu (Provinsi Shandong), lalu mampir di sebuah restoran menikmati makan siang. Pemiliki restoran berkata : “Persediaan daging untuk sementara sudah habis, mohon anda sabar menanti, sebentar lagi arak dan hidangan lainnya akan segera disajikan”.

Pada saat ini, Tuan Zhou melihat ada orang dengan kasar mendorong dua wanita ke ruang dapur. Lalu mendengar suara teriakan pemilik restoran : “Tamu sudah lama menunggu, hidangkan dulu satu lengan ke atas mejanya!”

Mendengar hal ini, Tuan Zhou tercengang, buru-buru lari ke dalam ruangan dapur untuk menghentikannya. Tetapi sudah terlambat, hanya terdengar suara jeritan yang menyayat hati, satu lengan dari salah seorang wanita sudah dipenggal hidup-hidup, sementara orangnya sudah jatuh pingsan di atas tumpukan darah.

Wanita lainnya ketakutan hingga sekujur tubuhnya gemetaran, wajahnya pucat seluruhnya, hampir tiada lagi rona merah sama sekali. Melihat kedatangan Tuan Zhou, mereka segera menangis tersedu-sedu, yang satu minta cepat mati, yang satunya lagi minta hidup. Tuan Zhou merasa tercengang juga prihatin, akhirnya mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli kedua orang wanita tersebut.

Wanita yang dipenggal lengannya itu, darahnya mengalir memenuhi lantai, tampaknya tipis harapannya untuk bertahan hidup, Tuan Zhou terpaksa menyuruh orang untuk menusuk ke jantungnya supaya dia lekas mati. Yang satunya lagi dibawa pulang ke rumah.

Oleh karena Keluarga Zhou sampai sekarang masih belum memiliki keturunan, maka wanita itu dijadikan selir. Setahun kemudian, wanita ini melahirkan seorang putra, di lengan kanannya terdapat tanda lahir berupa satu garis merah, mungkin merupakan tumimbal lahir dari wanita yang dipenggal lengannya.

Kemudian Keluarga Zhou berlanjut hingga tiga keturunan barulah putus. Ada orang yang berkata, Keluarga Zhou mulanya ditakdirkan tidak punya putra, tetapi berkat sebutir kebajikannya itu, silsilah keluarganya dapat berlanjut hingga tiga generasi. 



紀曉嵐寫的因果故事
積德延嗣
景城西偏,有數荒塚,將平矣。小時過之,老僕施祥指曰:「是即周某子孫,以一善延三世者也。」蓋前明崇禎 末,河南、山東大旱蝗,草根木皮皆盡。乃以人為糧,官吏弗能禁。婦女幼孩,反接鬻於市,謂之菜人。屠者買去,如刲羊豕。周氏之祖,自東昌商販歸,至肆午 餐。屠者曰:「肉盡,請少待。」俄見曳二女子入廚下,呼曰:「客待久,可先取一蹄來。」急出止之,聞長號一聲,則一女已生斷右臂,宛轉地上。一女戰慄無人 色。見周,並哀呼,一求速死,一求救。周惻然心動,並出資贖之。一無生理,急刺其心死。一攜歸。因無子,納為妾。竟生一男,右臂有紅絲,自腋下繞肩胛,宛 然斷臂女也。後傳三世乃絕。皆言周本無子,此三世乃一善所延雲。
  【譯文】
  景城西郊有幾座荒墳,因為年代久遠,墳頭幾乎快要被夷為平地了。我小的時候,曾經路過那裡。我家的老僕人施祥曾指著那片荒墳對我說:「看見了吧?這裡埋葬的就是周氏的後代子孫。只因為他們的祖先做了一件功德事,才使他的後代能夠延續三世啊!」
  據施祥說,明朝崇禎末年,河南、山東等省連年遭遇大旱,又被蝗災肆虐莊稼,穀物顆粒不收。災民們把草 根、樹皮都吃盡了,接著就發展到人吃人的地步,連官府也沒法禁止。許多婦女、小孩往往被反綁了兩手,拉到集市上去出賣,還起了個名稱,叫做「菜人」。屠戶 們把這些「萊人」買了去,就像對待豬羊一樣,任意宰割。
  當時,周氏的祖先剛從東昌府做生意回來,到一家餐館裡進午餐。店主人說:「肉暫時用完了,請你稍候,一 會兒酒菜便齊。」這時候,周氏忽見有人把兩名年青的婦女,推推搡搡地拉向廚房。就聽店裡喊道:「客人已經久等了,還不先卸下一隻肘子來!」周氏聽了大驚, 急忙跑入內去阻止。但是,為時已晚。只聽一聲慘叫,一個婦女的胳膊已被活生生地砍下,而人已倒在血泊中。另一個婦女嚇得週身顫抖,臉上一絲血色都沒有。她 們見到了周氏,慘絕哀號不已,一個求快死,一個求救命。周氏看到後,既驚懼又痛惜,頓生憐憫惻隱之心,當即出資贖下了這兩名婦女。
  那名被砍掉胳膊的婦女流血滿地,看來已經沒有救活的希望了,周氏便請人刺其心臟令她速死。另一名婦女則 帶回家中。適值周氏年長無子,便收她做了小老婆。一年之後,她果然為周氏生了個兒子。落生之後,發現這孩子右臂有一道明顯的紅線,宛然是那斷臂女子的托 生。後來周氏傳了三代才絕嗣。有人說,周氏本來命中無子,這三代子嗣是因為他做了這件善事才傳下來的。