Senin, 15 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 35


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Menyelesaikan Keluhan dengan Kebenaran

Tuan Su Dou-nan dari Kabupaten Jiaohe, pada tahun 1733 menempuh perjalanan pulang dari mengikuti ujian negara. Sesampainya di tepi Sungai Baigou Kabupaten Xincheng, di sebuah kedai arak, dia bertemu dengan sahabatnya yang baru dipecat dari jabatannya.

Baru saja meneguk beberapa gelas arak, sahabatnya mulai menumpahkan keluar seluruh kekesalannya. Dia merasa dunia ini sungguh tidak adil, Hukum Sebab Akibat itu tidak ada.

Saat itu ada seseorang yang berkuda juga mendatangi kedai arak. Setelah turun dia mengikat kudanya ke sebatang pohon, melangkah masuk ke dalam kedai arak, duduk di meja yang berseberangan dengan meja yang ditempati Su Dou-nan dan sahabatnya, sambil ikut mendengar gerutu sahabat Su Dou-nan.

Kemudian dia berdiri dan memberi hormat pada sahabat Su Dou-nan lalu berkata : “Mendengar ucapanmu, seolah-olah sedang menyalahkan dunia ini tidak adil, Sebab Akibat tidak muncul. Kukatakan padamu, orang genit pasti mengundang penyakit, penjudi pasti jatuh miskin, ini merupakan kekuatan yang tak terelakkan. Merampas harta orang lain pasti dijatuhi hukuman mati, membunuh orang pasti harus membayar hutang nyawa, ini merupakan hal yang alamiah.

 Namun sama-sama orang genit, kadang tubuh mereka ada perbedaan lemah dan kuat. Serupa penjudi, ada yang mahir dan ada yang bodoh. Serupa perampok ada yang masih pemula dan ada pula yang sudah karatan. Serupa pembunuh, yang disengaja dan ada pula yang tidak sengaja, maka itu hukuman yang dijalani juga tidak sama.

Demikian pula dengan perubahannya juga sangat halus dan menakjubkan. Lagi pula, ada orang yang dalam waktu singkat dapat menyesali perbuatannya dan memperbaiki diri, menebus dosanya, sehingga balasannya sirna. Juga ada orang yang dikarenakan pahala dan dosa yang belum tuntas, sehingga mulanya harus mendapat balasan namun sekarang malah berubah jadi balasan yang bersifat sementara.

Di antara semua ini takkan mungkin terjadi kesilapan, sungguh jelas dan menakjubkan. Coba amati peristiwa yang anda lihat dan anda dengar, bila anda masih meragukan Hukum Sebab Akibat, bukankah anda adalah orang goblok!

Ambil saja kamu sebagai contohnya, tidak ada yang perlu dikeluhkan dan disalahkan! Menurut yang telah ditetapkan dalam garis hidupmu, kamu akan memulai karir dari jabatan yang paling bawah yakni tingkat 9 lalu naik pangkat ke tingkat 7.  

Tetapi oleh karena kamu suka main akal-akalan, pintar membawa diri, menjilat dan mengandalkan kekuasaan dan kedudukan orang lain, menyingkirkan orang-orang yang tidak sejalan denganmu, makanya jabatanmu dipromosikan naik ke tingkat 8.

Setelah mencapai jabatan tingkat 8, kamu merasa begitu bangga, oleh karena memiliki banyak akal bulus sehingga jabatanmu dari tingkat 9 naik ke tingkat 8. Namun siapa yang menyangka, justru karena kamu banyak akal bulusnya, sehingga jabatanmu dari tingkat 7 turun jadi tingkat 8!”

Selanjutnya orang ini membisikkan sesuatu di telinga sahabat Tuan Su, lalu berteriak : “Apakah kamu sudah melupakan kejadian ini?”

Seketika itu juga sahabat Tuan Su ketakutan hingga wajahnya jadi pucat pasi, keringat dingin bercucuran, dengan suara gemetaran dia bertanya : “Bagaimana anda bisa mengetahui kejadian ini dengan begitu jelas?”

Orang ini tersenyum dan berkata : “Bukan hanya saya yang tahu, Langit, Bumi dan Manusia, Semesta beserta seluruh isinya, siapa yang tidak mengetahuinya?”

Begitu menyelesaikan ucapannya, orang itu segera menunggang kudanya meninggalkan kedai arak tersebut, dalam sekejab bayangannya hilang ditelan kegelapan malam.    


紀曉嵐寫的因果故事
理析牢騷 
  【譯文】
  交河縣的蘇斗南先生,雍正癸丑(1733)年參加會試歸來,走到新城縣白溝河畔,在一家酒店裡遇上一位剛被罷官革職的朋友。這位朋友幾杯酒下肚,便把滿腹牢騷鬱憤傾洩出來。他怨恨這個世道不公平,善惡因果沒有報應。
  這時候,有個穿著緊身衣褲的人騎馬而來。他來到酒店前翻身下來,繫馬於樹,大步走進店來,在蘇斗南先生 與他朋友的對面坐下,靜靜地聽那位朋友所發的牢騷。然後站起來對蘇的朋友作揖為禮,說道:「聽你這一番議論,好像很抱怨世間不公平,因果不兌現。告訴你, 那些好色的人必落得一身病,愛賭博的人必落得一貧如洗,這是勢所必然的。搶劫他人的財物必受誅罰,殺人的人定要抵命,這是理所當然的。但同樣是好色,而他 們的體質有強弱之差。同樣是賭博,而他們的賭技有高明和笨拙的不同。這樣,其結果勢必就會參差不齊。同樣是搶劫,而其中有首犯與從犯。同樣是殺人,也有誤 殺和故殺的區別,這在情理上講,也應該按情節輕重處理。此中的消息變化是非常細緻而微妙的。再則,有的人能夠及時悔過自新,將功贖罪,冥冥中就以沒有報應 的形式顯示報應。又有的人因從前的罪福還沒有完結,原該受現報的只得暫時緩報。這中間的相互比較,毫釐不會差錯,真是微乎其微的。你只根據眼前的見聞,就 懷疑因果不分明,豈不成了呆子!就拿你本身來說吧,也沒有什麼理由可怨天尤人!按你的命裡注定,本當由官居流外(九品以下)出身,而後可以升到七品。只因 你機謀深算,善於察言觀色,工於趨炎附勢,深於排除異己,所以被削減為八品。你晉陞為八品官的時候,心裡還洋洋得意,自以為心計巧密,由九品而升為八品。 可那裡知道,正因你心計巧密,實從七品而降為八品呢!」接著,這人又附在蘇先生那位朋友的耳邊密語一番,最後大聲說:「這些事,難道你全忘了嗎?」那位朋 友嚇得臉色蒼白,汗流浹背,聲音顫抖地問:「這……這些事你怎麼知道得這麼清楚?」那人微微一笑說:「不但我知道,天、地、人三界之中,誰不知道?」說罷 離席,策騎揚長而去。只見黃塵滾滾,轉眼之間就不見了。