Rabu, 24 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 51


Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Keberanian Menyeberangkan Putra Berbakti
  
Ibundaku mengisahkan : Di Cangzhou terdapat tukang tandu yang bermarga Tian, ibundanya terserang penyakit Tympanites dan sedang sekarat. Dia mendengar di kota kecil Jinghe, terdapat seorang tabib yang mempunyai obat mujarab untuk mengobati penyakit ini, tetapi jaraknya dari kampung halamannya adalah lebih dari seratus li jauhnya.   

Fajar masih belum menyingsing, dengan tergesa-gesa dia berangkat menempuh perjalanan ke Jinghe, setelah berhasil mengambil obat mujarab tersebut, hari pun mulai gelap, dengan tergesa-gesa dia beranjak pulang.

Tetapi malam itu di Jinghe, air Sungai Wei meluap, angin bertiup kencang dan permukaan sungai berombak tinggi, tidak ada satupun perahu yang berani menyeberangkannya. Tetapi hatinya begitu mendesak ingin cepat-cepat sampai di rumah, alhasil air matanya tak terbendung lagi. Para tukang perahu sangat mengasihaninya, namun juga tak berdaya.

Pada saat ini, salah seorang tukang perahu berdiri, sambil melepaskan tali pengikat perahu dari dermaga, dia berkata pada Tuan Tian : “Selama Langit memiliki mata, orang sepertimu takkan mati tenggelam! Kemarilah! Saya akan mengantarmu menyeberangi sungai!”

Dengan sekuat tenaga tukang perahu mendayung tongkat pengayuh melawan arus sungai yang deras, bagaikan anak panah yang dilepas dari busurnya, dalam sekejab sudah mencapai tempat tujuan. Orang-orang yang melihat kejadian ini jadi ikut bernafas lega, beranjali melafal Amituofo.

Ayahku berkata : “Tukang perahu itu memiliki keyakinan yang kuat terhadap ajaran bakti, bahkan melampaui sebagian besar Konfusian”.

Catatan :
Konfusian = orang yang mempelajari ajaran Konfusius            


紀曉嵐寫的因果故事
勇渡孝子
  先太夫人言:滄州有轎夫田某,母病患臌將殆。聞景和鎮一醫有奇藥,相距百餘里。昧爽狂奔去,薄暮已狂奔歸。氣息僅屬。然是夕衛河暴漲,舟不敢渡。乃仰天大號,淚隨聲下。眾雖哀之,而無如何。
  忽一舟子解纜呼曰:「苟有神理,此人不溺。來來,吾渡爾!」奮然鼓楫,橫衝白浪而行。一彈指頃,已抵東岸。觀者皆合掌誦佛號。
  先姚安公曰:「此舟子信道之篤,過於儒者。」
  【譯文】
  先母張太夫人說:滄州有位姓田的轎夫,他母親得了鼓脹病快要不行了。他聽說景和鎮有個醫生有專治這種病 的特效藥,但距離家鄉有一百多里。天還沒亮,他便動身狂奔到景和鎮,取藥之後,夜幕降臨,他又狂奔而回,累得氣喘吁吁,精疲力竭。但這一天夜裡衛河的河水 暴漲,風急浪高,沒有一隻船敢渡他過河。他急得仰天長號,聲淚俱下。眾船家都非常哀憐他,但也無可奈何。
  這時候,有一位船家倏地站起身來,一邊解開系船的纜繩,一邊招呼田某說:「只要上天有眼,是不會淹死你這個人的!來來!我送你過河!」
  船家奮力划槳,那船橫衝白浪,如離弦之箭,轉眼之間便到達東岸。在場的人都歎息不已,合掌念佛。
  先父姚安公說:「這位船家篤信孝道,比一般的儒生還要深摯啊。」