Senin, 08 Januari 2018

Kisah Sebab Akibat 28



Kisah Hukum Sebab Akibat Karya Ji Xiaolan
Melafal Amituofo Mengurai Permusuhan

Di dusun Keluarga Li ada seorang istri petani, setiap hari pagi dan sore harus mengantar makanan ke ladang, di tengah perjalanan dia selalu melihat ada seorang gadis yang membuntutinya. Dan setiap kali sesampainya di ladang, dia akan bertanya pada istri-istri petani lainnya, namun semuanya melontarkan jawaban yang sama, yakni tidak melihat siapapun yang mengekornya. Oleh karena itu, istri petani ini mulai merasa seram, setiap hari hatinya diliputi kecemasan.

Akhirnya lama kelamaan gadis itu mengikutinya sampai pulang ke rumahnya, tetapi sampai di depan pintu, gadis itu tidak bisa masuk ke dalam rumah, hanya bisa mondar-mandir di pekarangan rumah atau di sudut. Kalau istri petani ini mendekatinya, dia segera mundur.

Sebaliknya kalau istri petani ini mundur selangkah maka gadis itu akan segera maju selangkah. Mereka selalu berada dalam jarak yang sama, tidak dekat juga tidak jauh. Akhirnya istri petani menyadari bahwa arwah gadis ini pasti adalah musuh kerabat penagih hutangnya.

Suatu hari istri petani dengan menguatkan nyalinya, bertanya pada gadis ini : “Kamu ini ada urusan apa, cepat katakan, jangan mengikutiku terus!”

Gadis ini menyahut : “Pada masa kehidupan lampau kita berdua adalah selir seorang hartawan. Kamu cemburu karena saya lebih disayangi, lalu menfitnah diriku berselingkuh dengan orang lain dan mencuri. Hartawan percaya pada hasutanmu, lalu mengurung diriku, akhirnya saya menderita kesepian dan meninggal dunia.

Kini saya datang menagih hutang nyawa padamu. Tetapi pada masa kehidupan sekarang, kamu begitu berbakti pada ibu mertuamu, makanya ada Malaikat yang secara diam-diam melindungimu, sehingga saya tidak berdaya mendekatimu.  

Maka itu saya hanya bisa setiap hari mengikutimu, menunggu kesempatan untuk balas dendam. Tetapi saya juga sudah mengukur situasi dengan cermat, tampaknya peluang untuk balas dendam tidaklah besar.

Andaikata kamu bersedia mengundang Bhiksu untuk melakukan pelimpahan jasa buat diriku, sehingga saya dapat segera bertumimbal lahir, maka ikatan permusuhan diantara kita dapat terurai”.  

Istri petani berkata : “Keluargaku miskin melarat, mana punya uang untuk menyelenggarakan upacara pelimpahan jasa buat kamu?”

Arwah gadis itu menjawab : “Keluargamu miskin memang merupakan kenyataan. Tetapi apabila kamu mau membangkitkan ketulusan melafal Namo Amituofo sebanyak sepuluh ribu kali, ini juga serupa dengan telah melakukan pelimpahan jasa buat diriku”.  

Istri petani bertanya : “Cuma dengan melafal Amituofo saja, bagaimana bisa menolong arwah penasaran?”

Arwah gadis itu menjawab : “Orang awam melafal Amituofo, oleh karena pikirannya terpencar, dengan sendirinya sulit terjalin dengan Buddha Amitabha, mesti melafal seperti Buddha berada di hadapan kita, giat menfokuskan pikiran. Bagi pejabat setia dan putra-putri berbakti, ketulusan mereka telah menggugah Buddha dan malaikat.

Mereka melafal sepatah Namo Amituofo, suara lafalan ini langsung mencapai Triloka (Kamaloka, Rupaloka, Arupaloka). Maka itu jasa kebajikan dan kekuatan kewibawaan lafalan Amituofo yang diucapkan oleh mereka, adalah setara dengan membaca sutra maupun melakukan upacara pertobatan. Anda adalah seorang menantu yang berbakti, saya yakin dengan ketulusanmu melafal Amituofo, dengan sendirinya dapat terjalin dengan kekuatan Buddha”.

Istri petani yakin pada perkataan arwah gadis itu, lalu membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, setiap melafal Amituofo satu kali, arwah gadis itu menghadap ke arah barat dan bernamaskara satu kali. Istri petani melafal hingga genap sepuluh ribu kali, arwah gadis itu sudah tidak kelihatan lagi.

Peristiwa ini terjadi di Dusun Keluarga Li, para senior sering mengulang menceritakan kisah ini. Dapat dilihat bahwa berbakti dengan tulus pada ayahbunda, jasa kebajikan ini melampaui menyembah Buddha!



紀曉嵐寫的因果故事
 念佛度冤
  李村有農家婦,每早晚出饁,輒見女子隨左右。問同行者,則不見,意大恐怖。後乃漸隨至家,然恆在院中, 或在牆隅,不入寢室。婦逼視,即卻走。婦返,即仍前。知為冤對,因遙問之。女子曰:「汝前生與我並貴家妾,汝妒我寵,以奸盜誣我致幽死。今來取償,詎汝今 生事姑孝,恆為善神所護,我不能近,故日日相隨。揆度事勢,萬萬無可相報理。汝儻作道場度我,我得轉輪,即亦解冤矣。」婦辭以貧。女子曰:「汝貧非虛語。 能發念誦佛號萬聲,亦可度我。」問:「此安能得度鬼?」曰:「常人誦佛號,佛不聞也,特唸唸如對佛,自攝此心而已。若忠臣孝子,誠感神明,一誦佛號,則聲 聞三界,故其力與經懺等。汝是孝婦,知必應也。」婦如所說,發念持誦。每誦一聲,則見女子一拜。至滿萬聲,女子不見矣。此事故老時說之,知篤志事親,勝信 心禮佛。
  【譯文】
  李家村有位農婦,每天早晚兩次往田間送飯,總看見有個年輕的女子忽左忽右地跟隨著她。問和她一路送飯的農婦們,大家都說沒看見。這位農婦為此心生恐懼,整天提心吊膽。
  後來,那女人竟逐漸地跟隨她來到家裡,但不進屋,總是在院裡或牆角下徘徊。如果這位農婦向她逼進,她就步步後退。這位農婦返回原處,她卻又湊了上來,總是不近不遠。這位農婦意識到,這女鬼一定是自己的冤家對頭。
  一天,農婦壯著膽子,站得遠遠地問那女人道:「你有什麼話就直說,別老是這麼不遠不近的跟著我!」那女 子說:「你前生和我都是一位富貴人家的姬妾。你嫉妒我受主人的偏愛寵幸,就誣陷我與人私通、盜竊。主人聽信了你的讒言,把我幽禁起來,使我鬱悶而死。如 今,我是來找你償命的。怎奈你今生事奉婆婆至孝,總有善神在暗中保護,使我無法接近你。所以我天天跟著你,尋找機會下手。但我仔細估量了一下形勢,看來報 怨的可能性不大。你若能延請和尚做一次道場來超度我,使我得以早日轉世托生,咱們之間的冤怨就算解除了。」農婦說:「我家裡貧寒,哪裡有錢為你作道場?」 女鬼說:「你家裡貧窮,這也的確不假。但是如果你能以虔誠之心念「南無阿彌陀佛」一萬聲,也同樣可以超度我。」農婦問:「光是念佛,如何能超度鬼魂呢?」 女鬼說:「普通的人念佛,因為心思雜亂,自然難與佛相應,必須唸唸如對佛前,努力收攝此散亂心。若是忠臣孝子,他的誠心已經感動了神佛。他們念佛一聲,聲 音直達三界。所以,他們念佛的功德威力,與誦經拜懺同等。你是位孝婦,我相信以你的至誠心念佛,自然能與佛力相感應的。」
  那農婦聽信女鬼之言,便發心虔誠地念起佛來,每唸一聲,女鬼就向西一拜。農婦念滿一萬聲,那女鬼就不見了。
  這事在李家村,老一輩的人經常說起。可見,真誠孝順雙親,其功德勝似信心拜佛!