Minggu, 04 Januari 2015

Makna Syair Kebajikan Tersembunyi 25



Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Bagian 25

Berikutnya adalah mengajari kita berbagai cara untuk memupuk berkah dengan menuruti jodoh dan apa adanya.

Kalimat ke-40 adalah :

“Menyumbang obat-obatan untuk menolong orang dari penderitaan penyakit”.

Kalimat ke-41 adalah :

“Menyumbang air teh untuk menghilangkan rasa haus dan kerisauan”.

Menyumbang obat-obatan juga merupakan Abhaya Dana, membantu pasien menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan. Penderitaan yang dialami oleh para makhluk, bukan hanya penderitaan jasmani, namun juga penderitaan rohani, terutama orang jaman sekarang, kesenangan materi yang dinikmatinya sudah jauh melampaui orang jaman dulu, namun siksaan batin yang dialami orang masa kini sangat parah.

Jadi obat apa yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit batin orang jaman sekarang? Yakni pendidikan budi pekerti, pendidikan etika moral dan pendidikan Hukum Sebab Akibat, ini merupakan obat mujarab untuk menyelamatkan orang masa kini.

Sekarang ini bencana terjadi di mana-mana, akar permasalahannya adalah kurangnya pendidikan budi pekerti, etika moral dan Hukum Sebab Akibat, maka itu kita memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, yakni mengerahkan segenap usaha untuk menyebarluaskan ajaran insan suci dan bijak.

Air teh dapat menghilangkan rasa haus dan kerisauan, ini memberikan keleluasaan kepada orang lain, meskipun hanya dana yang sangat kecil sekalipun, tetapi membawa budi yang tidak kecil bagi insan lainnya, ini mengajari kita untuk senantiasa memberikan kemudahan kepada orang lain.

Dikutip dari Ceramah Dr. Zhong Maosen
Judul : Makna Syair Kebajikan Tersembunyi Dewa Wen Chang
Tanggal : 22 Januari 2009


文昌帝君陰騭文大意
(二十五)

底下教導我們隨緣修福的種種方法。
   
第四十句:

【捨藥材以拯疾苦。】

第四十一句:

【施茶水以解渴煩。】

施藥這也是無畏布施,幫助病人離苦得樂。眾生的疾苦,不僅是身體上的疾苦,還有心靈的疾苦,尤其是現代人,物質生活享受超過前人太多了,但是心靈的疾苦卻比前人要嚴重。所以我們用藥材,現在拯救眾生疾苦的藥是什麼藥?要恢復倫理、道德、因果的教育,這是拯救眾生疾苦的良藥。現在世間劫難很多,根本原因在於缺乏了倫理、道德、因果的教育,所以我們因病與藥,就要大力的弘揚這些聖賢教育。茶水可以解救渴煩,這是講與人方便,哪怕是很少的一些布施,但是給人帶來的恩惠不少,這是教導我們時時要懂得與人方便。

摘錄自
文昌帝君陰騭文大意  鍾茂森博士主講  (第二集)  2009/1/22  華嚴講堂  檔名:52-328-0002